Resep Olahan Telur yang Enak Ala Masakan Rumahan

  • Nov 13, 2021
Telor Balado

Resep masakan rumah dari bahan telur banyak sekali. Telur bisa dikreasikan jadi lauk makan yang enak. Bukan hanya diolah jadi telur goreng saja. Dijadikan masakan yang berbumbu juga enak sekali. Maka jika anda ingin selalu ada masakan di rumah, sedai telur saja. Telurnya bisa dijadikan apapun. Telur yang dijadikan persediaan juga tentu telur ayam. Kalau telur bebek pilih saja yang sudah direbus jika ingin jadi lauk makan langsung. Untuk resep masakan sederhana sehari-hari olahan telur ala masakan rumahan yang enak, berikut referensinya.

1. Telur Balado Bulat

Resep telur yang pertama ini adalah resep telur balado bulat yang biasanya buat bekal. Enak sekali rasanya kalau sudah berbekal telur balado bulat saat sekolah dulu. Siapkan bahan balado telur bulat yaitu telur 8 butir, cabe merah keiting 8 buah, tomat 1 buah, bawang merah 5 siung danb bawang putih 3 siung. Siapkan gula pasir, garam dan Masako ayamnya. Siapkan minyak goreng untuk menggoreng telurnya.

Telurnya direbus dahulu hingga matang kurang lebih 7 menit. Setelah itu anda angkat dan siram air dingin dahulu. Rendam juga beberapa saat dengan air dingin agar panasnya hilang. Jika sudah kupas telurnya dan goreng telurnya. Jika sudah digoreng, sisihkan dahulu. Haluskan dengan blender semua bumbunya. Setelah itu ditumis dan masukkan gula 1 sendok makan. Tambahkan garam dan Masako ayam. Setelah mengental masukkan telur bulat goreng dan aduk rata.

2. Telur Bali Ceplok Dengan Tempe

Resep telur bali ini hampir mirip dengan balado namun ada perbedaan dari penambahan laos. Bahan yang diperlukan adalah telur 7 butir, tempe 1 papan dan bumbu bali. Bumbu balinya adalah cabe merah keriting 10 buah, bawang putih 5 siung, bawang merah 5 siung dan tomat 1 buah. Siapkan laos 1 ruas jari.

Telurnya diceplok dahulu satu persatu dan kemudian sisihkan. Sekarng tempenya dipotong-potong dengan potongan sedang persegi empat. Setelah itu bumbunya dihaluskan kecuali laosnya. Laosnya dibagi jadi 3 hingga 4 bagian dan digeprek. Tumis bumbu merahnya dan masukkan laosnya. Tambahkan garam, gula dan kaldu jamur. Tambahkan tempenya dan telur jika sudah mengental. Cicipi rasa siapa tahu ada yang kurang.

3. Telur Santan Tahu

Telur dibuat menjadi berkuah juga enak sekali. Sajian ini biasanya ada di warteg dan enak sekali. Bahan yang diperlukan adalah telur 7 butir, dan tahu kuning 5 buah. Siapkan bumbu kuning berupa kunyit 1 ruas jari, bawang putih 3 buah, lada kasar 9 buah dan kemiri 2 buah. Siapkan santan kelapa 120 mlo sachet.

Telur direbus dahulu hingga matang dan rendam dengan air dingin jika sudah matang. Kupas telurnya dan goreng setelahnya. Tahu diiris jadi 2 bagian dan goreng setengah kering. Bumbu kuningnya diblender dan tumis. Beri santan ditumisan bumbu kuning. Tambahkan air secukupnya dan masukkan telur. Masukkan juga tahu dan beri garam. Tambahkan penyedap rasa ayam. Dan gula sedikit.

4. Telur Gulung

Siapkan telur 3 butir, garam dan lada bubuk. Siapkan tusuk sate dan minyak goreng. Siapkan air dan juga botol kecap atau saus. Jika tidak ada botol aqua yang tutupnya dilubangi tengahnya.

Cara membuat telur gulung ini adalah dengan mengocokl telur dan masukkan ke botol kecap tadi dan beri air. siapkan minyak dan goreng telurnya. Ambil dengan tusukkan sate digulung gulung.