Apa Sih NFT? Berikut Ini Pengertian dan Contoh aset NFT!

  • Jan 16, 2022
Apa Sih NFT

Jika kamu adalah seseorang yang aktif mengikuti tren dan berita terkini yang sedang populer, pastinya kamu sudah mengetahui bukan jika akhir-akhir ini ada sebuah aktivitas yang cukup populer bagi masyarakat Indonesia dan banyak anak muda yang melakukan hal tersebut karena hanya dengan mengandalkan smartphone, dapat memberikan keuntungan bagi mereka, adalah trading.

Trading adalah sebuah aktivitas ekonomi dengan menjual dan membeli suatu aset digital yang dilakukan secara cepat, agar bisa mendapatkan keuntungan yang cepat juga. Trading saat ini bisa menjadi populer karena kemudahannya yang bisa dilakukan hanya dengan menggunakan smartphone. Tentu saja hal ini menarik minat banyak orang, terlebih para anak muda, karena mereka bisa mendapatkan “uang jajan” tambahan dari situ. Tentunya, jika kamu ingin melakukan aktivitas trading, kamu harus membekali diri kamu dengan pengetahuan-pengetahuan dasar mengenai trading, seperti contohnya memahami aset-aset digital yang dapat ditradingkan.

Mungkin, instrumen trading yang paling banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia adalah saham dan crypto. Tetapi, ada satu instrumen trading lagi yang belakangan ini sedang hangat menjadi perbincangan, adalah NFT. Tentu secara sekilas, pasti kamu pernah mendengar istilah NFT bukan? Terlebih di sosial media. Mungkin beberapa kali konten mengenai NFT lewat di timeline sosial media kamu, dan kamu hanya mengabaikannya saja. Karena itu, supaya kamu tidak ketinggalan tren terkini, di artikel ini kita akan membahas mengenai NFT beserta contohnya.

Pengertian NFT

NFT adalah sebuah token yang bisa mewakili kepemilikan dari suatu aset digital. Aset-aset digital seperti lukisan, gambar, foto, video, meme, musik, serta animasi gif jika dijadikan sebagai aset NFT, maka akan memiliki hak cipta. Aset-aset digital NFT tersebut akan disimpan di dalam sistem blockchain beserta data pemiliknya, dengan begitu untuk melakukan verifikasi keaslian pun akan mudah. Karena aset NFT dan pemiliknya tersimpan di dalam blockchain, maka dalam satu waktu, aset NFT hanya bisa dimiliki oleh satu pemilik. Dan untuk memindahtangankan kepemilikan aset tersebut harus dilakukan dengan transaksi jual beli.

Selain itu, NFT juga merupakan aset digital yang tidak bisa dipertukarkan. Setiap aset NFT yang terdaftar memiliki keunikan dan karakteristiknya masing-masing. Dan keunikan dan karakteristik yang terdapat di setiap aset NFT akan mempengaruhi nilai setiap aset NFT tersebut.

Contoh NFT

Setelah memahami jika NFT adalah bentuk kepemilikan dari suatu aset digital, maka selanjutnya kita akan membahas mengenai contoh NFT, dan salah satu contoh aset NFT yang akan kita bahas adalah dalam bentuk video.

Kolektibel yang merupakan NFT marketplace buatan anak Indonesia bekerjasama dengan IBL (Indonesian Basketball League) untuk menghadirkan produk merchandise secara digital dalam bentuk NFT, adalah IBL NFT. IBL NFT adalah rangkuman video dari aksi dan momen terbaik dari para atlet IBL pada musim 2021. Jika kamu adalah penggemar dari olahraga bola basket, maka IBL NFT adalah aset digital yang cocok untuk kamu koleksi, dan kamu bisa mendapatkannya di Kolektibel!

Dunia yang saat ini terus mengalami perkembangan dari sisi teknologi, harus bisa kita imbangi dengan pengetahuan akan teknologi tersebut. Dan semoga, artikel ini dapat menambah wawasan kamu mengenai NFT, ya!