Obat Diare Yang Aman Di Konsumsi Oleh Ibu Hamil

  • Feb 05, 2022

Saat hamil banyak masalah pada tubuh yang seringkali dirasakan dan salah satu masalah yang sering dirasakan adalah masalah pencernaan. Masalah pencernaan pada ibu hamil biasanya terjadi karena memang metabolisme ibu hamil mengalami perubahan yang cukup drastic sedangkan tubuh masih harus beradaptasi untuk bisa menerima semua hal tersebut.

Contoh gangguan pencernaan yang sering terjadi pada ibu hamil adalah diare. Biasanya penyebab masalah tersebut diakibatkan oleh ganggua hormonal dan juga pola makan pada ibu hamil yang kurang menentu. Atau bisa jadi ketidakcocokan vitamin yang harus dikonsumsi saat hamil juga menjadi salah satu faktor penyebabnya.

Jika tidak segera ditangani makai ibu hamil bisa beresiko mengalami kekurangan asupan nutrisi dan juga cairan selama hamil. Tentu saja hal tersebut menjadi hal yang paling dihindari oleh ibu hamil. Untuk itu jika ibu hamil mengalami diare maka harus segera diatasi dengan diberikan obat yang bisa membantu meredakan penyakit tersebut.

Tapi tentunya obat diare ayng bisa dikonsumsi oleh ibu hamil tidaklah sembarangan. Ada beberapa obat yang memang aman dan diperbolehkan tetapi ada juga obat yang memang harus diberikan sesuai dengan arahan dari dokter. Kira – kira obat apa sajakah itu ? Mari kita lihat rangkuman obat – obatan berikut ini.

1. Diatabs

Diatab merupakan obat diare yang bisa dibeli secara bebas baik di warung maupun di apotek terdekat. Diatabs ini adalah salah satu obat diare yang aman dikonsumsi oleh ibu hamil. Didalam diatab ini mengandung Attapulgite yang merupakan zat yang dapat membantu memperlambat kerja usus besar sehingga kotoran yang dikeluarkan menjadi lebih padat.

Selain itu kandungan Attapulgite pada obat ini juga mampu menyerap kelebihan cairan dan juga racun – racun dan juga bakteri yang menyebabkan diare.

2. Diapet

Diapet ini juga merupakan salah satu obat yang dipercaya ampuh untuk meredakan diare. Didalam obat ini juga terdapat kandungan Attapulgite yang berfungsi untuk menyerap air yang masuk dan membuat fese menjadi lebih padat. Obat ini menjadi salah satu obat diare yang cocok untuk ibu hamil.

Meskipun obat ini cocok dikonsumsi oleh ibu hamil tetapi sebaiknya tetap mengkonsumsi obat ini diabwah arahan dokter terkait untuk menghindari reaksi obat yang berlebihan.

3. Norit

Norit ini menjadi salah satu obat diare yang banyak digunakan oleh ibu yang sedang hamil. Didalam obat ini terdapat kandungan carbon aktif yang berasal dari bahan – bahan alami dan berfungsi untuk mengurangi diare. Cara kerja obat ini yaitu dengan cara menyerap zat – zat berbahaya yang ada didalam tubuh yang dapat memicu diare yang lebih parah.

Sejauh ini penggunaan obat ini pada ibu hamil yang mengalami diare masih tergolong aman selama masih dalam dosis penggunaan yang wajar.

4. Entrostop

Entrostop merupakan salahs atu obat diare yang mudah ditemui di toko obat maupun warung. Didalam obat ini mengandung activated colloidal attapulgite yang mampu memadatkan kotoran dan juga mengurangi frekuensi buang air besar pada orang yang mengalami diare. Sejauh ini obat ini tergolong aman dikonsumsi untuk meredakan diare baik pada ibu hamil maupun ibu menyusui.

Namun demi keamanan untuk ibu hamil dan menyusui sebaiknya tetap mengkonsultasikan penggunaan obat ini dengan dokter untuk menghindari timbulnya efek samping yang bisa membahayakan kondisi ibu dan janin.