Mengapa Ada Jasa Pembuatan Website Murah dan Mahal?

  • Jan 04, 2022
Jasa Pembuatan Website

Di Indonesia cukup banyak jasa pembuatan website murah bahkan ada pula yang mahal. Harga yang mereka tawarkan juga sangat bervariasi, ada yang memberikan harga ratusan ribu, namun ada yang mencapai puluhan juta.

Ketika kamu melihat harga pembuatan website yang mencapai puluhan juta, kamu pasti bingung, mengapa harga yang diberikan bisa sangat bervariasi dari berbagai agency.

Perlu kamu ketahui, website memiliki banyak jenis contohnya saja seperti website portofolio, toko online hingga company profile. Dari jenisnya tersebut, hal ini sudah mempengaruhi harga pembuatannya.

Penyebab Adanya Jasa Pembuatan Website Murah dan Mahal

Ada berbagai macam penyebab mengapa terdapat jasa pembuatan web yang murah serta mahal, antara lain:

1. Tema yang dimiliki

Tema merupakan salah satu faktor penting untuk menentukan harga. Ada beberapa agensi yang menggunakan tema berbayar dan dibeli dari Microstock, kemudian tema yang dibeli tersebut dibuat untuk web kliennya.

Jika tema tersebut dibeli, tentu saja harganya akan murah karena agency tidak perlu membuat tampilannya dari awal, hanya perlu membeli dan melakukan sedikit penyesuaian sesuai dengan permintaan klien.

Namun, kelemahan dari tema yang dibeli adalah tidak eksklusif karena website lain mungkin juga mempergunakan tema tersebut selain itu kamu juga tidak bebas untuk melakukan penambahan fitur.

2. Fitur

Selain tema, fitur juga menjadi sebuah penentu apakah jasa akan memberikan harga murah atau mahal. Contohnya saja kamu ingin membuat sebuah toko online dengan berbagai macam fitur pembayaran.

Kemudian ada juga sistem perhitungan biaya kirim sehingga langsung terintegrasi dengan jasa kirim. Untuk mengerjakan berbagai macam fitur tersebut dibutuhkan pengembang yang berpengalaman tentunya.

3. Server

Harga jasa pembuatan website murah dan mahal juga dipengaruhi oleh server. Tidak sedikit agensi yang mempergunakan shared hosting untuk klien dari pihak lain. Usahakan kamu memilih jasa yang mmepunyai service hosing sendiri sehingga kecepatan websitemu bisa terjamin dengan baik.

4. SEO Friendly

SEO juga menjadi faktor sangat penting untuk sebuah website. Setelah website yang kamu miliki sudah jadi, sudah pasti kamu ingin lebih mudah ditemukan oleh Google menggunakan kata kunci sesuai dengan targetmu.

Tidak sedikit agensi yang kurang memperhatikan masalah SEO sehingga terkesan asal membuat website. Jika hal ini terjadi, setelah website siap digunakan, tidak ada orang yang mengunjunginya.

5. Support

Support juga menjadi salah satu penentu harga website menjadi mahal atau murah. Contohnya kamu sekarang menggunakan jasa dari agensi X, setelah website kamu selesai dibuat, apakah ada after sales yang diberikan dari agensi yang kamu gunakan.

Sebenarnya memilih jasa pembuatan website murah atau mahal, semua bergantung dari budget yang kamu miliki. Tidak masalah memilih jasa murah asalkan kamu memperhatikan setiap detailnya dengan baik.