Ini 8 Properti Atau Item Yang Bisa Dijual Dalam Transaksi NFT

  • Jan 13, 2022
Item Yang Bisa Dijual Dalam Transaksi NFT

Teknologi saat ini semakin canggih seiring dengan zaman yang semakin berkembang. Selain untuk barang – barang yang terlihat atau kebutuhan harian, transaksi juga bisa dilakukan untuk jualbeli sebuah karya seni atau item sebuah game. Transaksi tersebut disebut NFT (Non-fungible Token).

NFT adalah sertifikat atas kepemilikan sebuah karya seni atau properti digital yang diperdagangkan secara online dengan memanfaatkan unit data dalam sebuah ledger. Pada dasarnya, properti digital tersebut masih memiliki hak cipta dari sang pemilik aslinya. Nantinya, para pembeli hanya memiliki sertifikat kepemilikan saja. Bahkan, pemilih sah bisa mereplikasi salinannya dan menjualnya kembali dengan kode unik disetiap salinnya.

Di Indonesia sendiri, pernah terjadi transaksi NFT untuk lukisan dengan judul “A Portrait of Denny JA: 40 Years in the World of Ideas” yang sudah terjual 1 miliar rupiah. Cuitan Pendiri Twitter, Jack Dorsey, juga dihargai senilai US$2,9 juta atau setara 41 miliar rupiah.

Selain dua contoh NFT diatas, masih ada properti atau item lainnya yang bisa dijual, diantaranya yaitu :

1. Musik

Kini sudah ada banyak musisi atau DJ yang beralih menggunakan NFT untuk menjual karya mereka. Mereka berhasil mengantongi jutaan dollar hanya dalam hitungan saja. Apalagi melalui transaksi NFT ini, para musisi tidak akan dikenakan pemotongan platform atau dari label rekaman. Seratus persen hasil penjualan akan menjadi milik para musisi. Jadi, tidak heran jika kini banyak para musisi yang mulai beralih ke metode transaksi blockchain ini.

2. Fashion Virtual

Dalam transaksi NFT untuk fashion virtual, kamu hanya bisa membeli item fashion tersebut lalu memakaikannya pada avatar online milikmu. Meski terdengar tak masuk akal, namun nyatanya ada seseorang yang pernah mengeluarkan uang senilai US$4 juta atau setara 57 miliar rupiah hanya untuk membeli Doge.

3. Item Game

Dalam transaksi NFT, tidak hanya video game secara keseluruhan saja yang diperdagangkan, namun juga item – item didalamnya. Misalnya karakter, skin, senjata, dan item lainnya. Satu item saja, harganya bisa sampai jutaan. Bahkan, untuk karakter yang sudah memiliki skill tertinggi dalan permainan, bisa dijual dengan harga hingga ratusan juta rupiah.

4. Meme

Dalam transaksi NFT, meme – meme populer seperti Disaster Girl, Bad Luck Brian, dan Nyan Cat bisa dijual dengan harga USS$30 ribu atau setara 430 juta rupiah hingga 11 miliar rupiah.

5. Aneka Barang Online

Apapun bisa diperdagangkan di pasar Non-fungible Token. Misalnya barang koleksi, karya seni, dan snapchat stories. Harganya pun tak main – main, bisa puluhan hingga ratusan juta rupiah.

6. Akun Media Sosial

Kamu mungkin sudah akrab dengan transaksi jual beli akun media sosial. Namun, di pasar NFT, tidak hanya akun saja yang bisa diperdagangkan. Cuitan dari seorang ternama pun bisa dijual dengan harga ratusan juta hingga miliaran rupiah.

7. Aksi Olahraga

Dalam perdagangan NFT yang liar, kamu bisa menjual sebuah klip yang berisi aksi – aksi olahraga dari atlet atau pemain. Contohnya, aksi slam dunk yang sangat inovatif. Klip tersebut bisa dijual dengan harga 2,8 miliar rupiah.

8. Kartu Trading

Kamu juga bisa menjual koleksi kartu trading yang dimiliki di perdagangan NFT. Sebagai contoh, seseorang yang menjual kartu bisbol limited edition dengan harga ribuan dollar. Bahkan, ada juga yang menjualnya hingga satu juta dollar.

Jika tertarik, kamu harus mempelajari terlebih dahulu apa itu NFT dan cara kerjanya.