Mengukur Berat Badan Ideal yang Tepat dengan Dua Cara Mudah

mengukur berat badan ideal

Berat badan adalah salah satu hal yang cukup menyita perhatian terutama kaum wanita. Hal ini dikarenakan dengan memiliki berat badan yang ideal Anda akan merasa lebih nyaman dan tingkat kepercayaan diri meningkat. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika banyak orang khususnya wanita yang mencari informasi untuk mengukur berat badan ideal yang tepat. Seperti yang diketahui, saat ini banyak sekali cara mengukur berat badan yang ada namun tidak semuanya memiliki tingkat akurasi yang dapat dipertanggungjawabkan. Berdasarkan hal tersebut, maka Anda perlu selektif memilih cara pengukuran berat badan untuk mendapatkan hasil yang akurat. Berikut akan dijelaskan dua cara pengukuran berat badan yang hasilnya dapat dipertanggungjawabkan.

Cara pertama untuk mengukur berat badan ideal yang tepat adalah dengan membagi berat badan dengan tinggi badan. Hasil dari perhitungan tersebut nantinya akan diketahui berdasarkan rumus tertentu yang sudah dijadikan patokan. Berikut ini rumus yang perlu Anda ketahui, <17 berarti Anda mengalami permasalahan kekurangan berat badan yang cukup serius, 17 berarti Anda mengalami permasalahan kekurangan berat badan dalam kategori ringan, 18.4-21 berarti kondisi berat badan Anda dalam kategori normal, 21.1-27 berarti Anda memiliki kelebihan berat badan dalam kategori ringan, 27.1-30 berarti Anda memiliki permasalahan kelebihan berat badan dalam kategori sedang, dan yang terakhir >30 berarti Anda memiliki permasalahan kelebihan berat badan yang serius.

Setelah mengetahui berbagai rumus tersebut, mulai saat ini Anda dapat mengetahui keadaan berat badan Anda. Hal ini tentu saja dapat membantu Anda untuk mengatur pola makan secara lebih baik. Cara pengukuran berat badan ini dipercaya oleh beberapa ahli gizi sebagai cara yang paling akurat. Cara berikutnya adalah dengan mengurangkan tinggi badan Anda dengan 100 kemudian dikalikan 90%. Diantara berbagai cara pengukuran berat badan, cara ini adalah yang paling banyak dilakukan dan hasilnya memang terbukti cukup akurat.

Hasil perhitungan tersebut merupakan berat badan ideal Anda, apabila berat badan Anda berada melebihi hasil tersebut dalam kisaran 10% hingga 20%, maka berat badan Anda masih tergolong ideal. Sedangkan apabila berat badan Anda sudah melebihi 20% dari perhitungan yang dilakukan, maka Anda kemungkinan mengalami kegemukan. Cukup mudah bukan kedua cara mengukur berat badan ideal yang tepat tersebut? Selain mudah cara tersebut juga menghasilkan perhitungan yang akurat dan dapat dipertanggungjawabkan.