Resep Diet Sehat Alami dengan Mengatur Jadwal Makan

mengatur jadwal makan

Badan yang ideal dan sehat adalah harapan setiap orang, namun terkadang untuk mendapatkan kedua hal tersebut diperlukan usaha yang serius. Salah satunya dengan mengatur jadwal makan berdasarkan resep diet sehat alami. Hal ini terbilang cukup penting karena dengan mengatur waktu konsumsi makanan, Anda dapat memberikan kesempatan kepada lambung untuk mencerna makanan dengan sempurna. Apabila proses pencernaan makanan berjalan dengan sempurna maka proses diet yang Anda lakukan dapat tercapai secara lebih efektif. Jika sebelumnya jadwal makan yang Anda ketahui hanya terbagi menjadi tiga waktu, yaitu pagi, siang, dan malam dengan waktu makan camilan yang tidak terbatas, maka dalam menjalankan program diet pembagian waktu makan menjadi lima. Apa sajakah pembagian waktu makan tersebut? Berikut ini akan dijelaskan secara detail.

Waktu makan pertama yang berlaku dalam resep diet sehat alami adalah sarapan. Waktu makan ini harus Anda jalankan karena ini merupakan bagian yang penting sebagai modal Anda berkegiatan selama seharian penuh. Namun, perlu Anda ketahui bahwa terdapat ketentuan khusus terkait jumlah makanan saat sarapan. Anda disarankan untuk mengonsumsi karbohidrat kompleks, seperti nasi merah, roti gandum utuh, dan lainnya. Sebaliknya Anda disarankan untuk mengurangi konsumsi karbohidrat sederhana, seperti, nasi putih.

Waktu makan berikutnya adalah di siang hari dengan menu yang merupakan penggabungan antara ketiga unsur, yaitu, karbohidrat, protein, dan serat. Untuk memenuhi kebutuhan akan serat dan protein, Anda disarankan memperbanyak porsi sayuran dan buah-buahan. Sedangkan untuk jumlah karbohidrat yang disarankan adalah 6 sampai 8 sendok makan saja. Waktu makan ketiga adalah di malam hari. Khusus untuk waktu makan malam ini, jumlah karbohidrat yang disarankan hanya sebesar 3 sampai 4 sendok makan saja. Selebihnya Anda disarankan untuk mengonsumsi serat dan protein dari buah dan sayuran dengan porsi yang sesuai.

Selain ketiga waktu untuk makan besar, dalam menjalankan resep diet sehat alami Anda juga disarankan untuk mengatur jadwal makan camilan. Dalam satu hari Anda hanya disarankan untuk makan camilan dalam dua waktu saja, yaitu diantara jam sarapan dengan makan siang dan diantara jam makan siang dengan makan malam. Jenis camilan yang baik sebagai resep diet juga dapat dikatakan cukup terbatas, yaitu agar-agar dan buah. Itulah beberapa jenis makanan yang baik beserta jadwal makan yang disarankan. Dalam menerapkan berbagai hal tersebut, Anda juga disarankan untuk minum air putih yang cukup.