Diabetes Melitus Dibedakan Berdasarkan Jenisnya

gejala diabetes ibu hamil

Pastinya Anda sudah tidak asing lagi bukan dengan penyakit kencing manis? Nama ilmiah dari penyakit ini adalah Diabetes Melitus. Disebut dengan istilah kencing manis karena pada dasarnya terjadi gangguan pada hormon insulin yang mengakibatkan produksi glukosa dalam darah meningkat. Hal inilah yang kemudian mempengaruhi adanya glukosa pada urine. Itulah alasan dibalik istilah penyakit kencing manis. Tahukah Anda jika penyakit ini memiliki jenis yang cukup beragam dan dibedakan berdasarkan penderitanya? Bagi Anda yang belum mengetahuinya, berikut ini akan dijelaskan secara detail ketiga jenis penyakit ini.

Pertama, Diabetes tipe II. Jenis ini adalah yang paling banyak diderita, berdasarkan hasil survei terdapat 90% hingga 95% orang yang menderita diabetes jenis ini dari keseluruhan penderita penyakit diabetes lainnya. Orang yang sudah berusia diatas 30 tahun dan memiliki gaya hidup yang tidak sehat sangat berpeluang untuk terserang penyakit ini. Hal ini dikarenakan kerja organ tubuh saat seseorang telah menginjak usia 30 tahun sudah mulai menurun. Ditambah lagi gaya hidup yang tidak sehat semakin memperburuk kerja organ tubuh. Oleh karena itu, agar Anda terhindar dari penyakit ini mulailah ubah gaya hidup menjadi lebih sehat dengan rutin melakukan olahraga dan memperbanyak konsumsi makanan yang sehat.

Jenis diabetes melitus yang kedua adalah Gestasional Diabetes. Dibandingkan dengan jenis pertama, jumlah penderita diabetes ini memang tidak terlalu banyak, karena pada dasarnya penyakitnya ini hanya menyerang ibu hamil. Seperti yang diketahui bahwa wanita yang sedang hamil akan mengalami sedikit perubahan dalam hal hormon, sehingga apabila tidak dilakukan pengecekan dan kontrol secara berkala maka dimungkinkan ia akan terserang diabetes ini. Bagi Anda yang sedang hamil pada usia 24 minggu hingga 28 minggu mulailah lakukan pengecekan karena diabetes sudah mulai terdeteksi. Kemungkinan terburuk yang akan Anda dapatkan jika terkena penyakit ini adalah bayi yang Anda kandung memiliki potensi besar menjadi obesitas dan terjangkit diabetes saat lahir nanti.

Jenis berbagai macam penyebab penyakit diabetes melitus yang terakhir adalah diabetes tipe I. Berbeda dengan kedua jenis diabetes sebelumnya yang menyerang orang dewasa, diabetes tipe I ini justru khusus menyerang anak-anak yang masih di usia dini. Hasil dari survei untuk diabetes tipe I ini terbilang cukup mengejutkan, karena jumlah penderitanya dapat mencapai 5% hingga 10% dari keseluruhan penderita penyakit diabetes.