Serunya Membatu Perkembangan Otak Anak dengan Play Doh

play-doh

Perlu diketahui kegiatan bermain anak sangatlah berpengaruh terhadap tumbuh kembang otak anak. Salah satu jenis permainan yang mengasah kemampuan otak anak adalah play doh. Tak hanya dapat bersenang-senang dengan mainannya sang buah hati juga bisa melatih kemampuan berfikir, berbicara, dan sensoriknya.

Bahannya yang terbuat dari lilin yang bertekstur lembut dapat membuat anak lebih belajar tentang tekstur dari suatu benda yaitu halus, kasar dan agak kasar. Mainan ini bisa dibentuk-bentuk sesuai dengan apa yang diinginkan entah berbentuk bola, kubus, lonjong dan lain sebagainya.

Selain bentuk-bentuk tersebut, anak juga bisa lebih berkreasi dengan cetakan khusus yang bisa dijadikan wadah untuk membentuk play doh sesuai dengan keinginan. Ada banyak cetakan yang tersedia dalam berbagai bentuk mulai dari berbentuk makanan, rumah-rumahan, karakter kartun, ice cream dan masih banyak yang lainnya. Selain itu, warna play doh yang berwarna-warni mulai dari pink, merah, hijau, biru dan lain-lain dapat membuat anak lebih mengenal warna.

Semakin banyak bentuk dan warna yang dimainkan maka semakin tinggi pula tingkat kekreatifan mereka dalam bermain dan belajar. Selain itu, dengan memainkan play doh anak juga akan dilatih kesabaran dan ketekunannya. Hal ini dikarenakan, ketika mereka membuat sebuah bentuk tertentu dan tidak sesuai dengan keinginan maka mereka akan terus berlatih dan mengulang bentuk tersebut hingga benar-benar sesuai dengan imajinasi mereka.

Mungkin banyak yang beranggapan bahwa bermain play doh itu membahayakan bagi si buah hati dari segi kesehatannya. Padahal sudah ada banyak sekali permainan play doh yang dibuat dengan komposisi bahan yang aman digunakan untuk anak kecil. Selain itu, baunya juga tidak menyengat sehingga tidak mengganggu penciuman si anak.

Disamping bisa dijadikan mainan yang seru untuk anak, play doh juga bisa digunakan untuk Anda yang berencana untuk memberikan hadiah pada seseorang. Hal ini dikarenakan permainan ini mampu bertahan lama dan sangat mudah dimainkan.

Sekarang ini sudah tersedia banyak pilihan mainan play doh di pasaran. Bahkan mainan ini juga bisa dibeli secara online. Harga yang harus dikeluarkan untuk mainan ini juga bervariasi tergantung dari banyaknya warna dan cetakan yang disediakan. Semakin banyak dan rumit cetakan yang ada maka semakin mahal pula harganya. Di pasaran harga mainan ini berkisar antara Rp 35 ribuan hingga Rp 400 ribuan.

 

Leave a Reply