Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan saat Kirim Barang ke Pakistan

Anda seorang eksportir atau pribadi yang ingin kirim barang ke Pakistan? Sebaiknya selektif dalam memilih ekspedisi. Ada beberapa jasa kirim barang ke Pakistan yang siap melayani masyarakat. Namun, ada hal penting yang harus diperhatikan agar barang sampai tujuan.

Beberapa Hal yang Wajib Diperhatikan saat Kirim Barang ke Pakistan

Berhati-hatilah saat mengirim barang ke luar negeri, khususnya Pakistan. Ekspedisi antarnegara sangat berbeda dengan jasa kirim dalam satu wilayah. Berikut beberapa hal penting yang harus dipahami sebelum mengirim paket ke negara tersebut.

  • Pahami Barang Terlarang di Negara Pakistan

Sebuah negara akan mengatur hal-hal ekspor impor. Ada barang-barang tertentu yang tidak boleh dikirim. Oleh karena itu, pastikan memahami barang terlarangnya. Di Pakistan, Anda tidak diperkenankan kirim baterai Haz, bahan kimia (Haz dan non-Haz) dan sebagainya.

Barang-barang yang mudah terbakar dan meledak juga tidak diperbolehkan. Tidak hanya itu, bahan tajam; item-item yang menyinggung budaya; cat, parfum Haz, vitamin herbal, kaset video, kartu SIM, racun, produk mineral dan masih banyak lagi yang lainnya.

  • Tanyakan Jenis Paket yang Tersedia

Setiap jasa kirim antar negara menawarkan beberapa jenis dan pilihan paket ke negara Pakistan. Mulai dari paket yang paling cepat hanya dalam waktu tiga harian, sampai paling lama selama satu minggu. Sebaiknya Anda memahami harga dan layanan paket tersebut.

Setelah membaca jenis-jenis paketnya, tentukan mana yang paling sesuai dengan kebutuhan serta kondisi keuangan. Semakin mahal paket yang dipilih, semakin cepat pula sampai ke tangan penerima.

  • Pastikan Lokasi Anda Masuk Area Free Pick Up

Saat kirim barang ke Pakistan, lihat dulu layanan pick up yang tersedia oleh jasa kirim. Beberapa ekspedisi antar negara saat ini menyediakan jemput paket gratis. Namun, tidak semua kawasan bisa dijangkau.

Biasanya, wilayah-wilayah yang masuk kawasan pick up adalah kota-kota besar yang strategis. Misalnya kota besar di Yogyakarta, Medan, Manado, Banten, Surabaya, Denpasar, Banjarmasin, Jakarta, Aceh, Makassar dan beberapa kawasan lainnya.

  • Siapkan Data Lengkap

Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan ketika mengirim barang ke negara lain adalah data lengkap. Alamat penerima menjadi komponen terpenting. Kesalahan penulisan, baik nama, alamat ataupun nomor telepon bisa berakibat fatal hingga return.

Apabila Anda mengirim barang ke Pakistan pertama kalinya kepada seseorang, mintalah kapada yang bersangkutan untuk mengecek kembali alamat lengkapnya. Mulai nama lengkap, alamat lengkap, nomor telepon dan data-data lain yang dibutuhkan.

  • Cari Ekspedisi Terbaik dan Berlisensi

Selain data penerima, pemilihan jasa kirim juga penting diperhatikan. Hindari jasa kirim yang kurang kredibel untuk menghindari barang return (kembali). Bandingkan antara jasa satu dengan jasa lain, kemudian pilih yang terbaik.

Tanyakan kepada orang yang sudah berpengalaman dalam kirim paket atau ekspor ke Pakistan. Biasanya, mereka telah menggunakan beberapa jasa kirim sehingga bisa merekomendasikan mana yang paling recommended.

  • Paking Barang dengan Aman

Siapkan barang yang akan dikirim. Ingat, jangan sampai ada yang tertinggal karena bisa merugikan Anda. Paking dengan kardus atau bungkus standar. Jika perlu, lapisi dengan bubble wrap tebal agar isinya tidak pecah.

Itulah beberapa hal penting yang harus diperhatikan saat kirim barang ke Pakistan. Untuk rekomendasi jasa kirim terbaik ke negara tersebut saat ini adalah Kilo.id. Jasa ini telah melayani pengiriman antar negara secara profesional.

 

Leave a Reply