Sistem Pembayaran Modern, Serba Digital dan Praktis

Foto oleh Tim Douglas dari Pexels

Berbelanja dengan membawa uang secara langsung ke gerai atau toko semakin hari semakin terasa tak relevan. Masih masuk akal mungkin jika hal ini dilakukan di warung-warung kecil. Namun untuk skala transaksi yang lebih besar, ternyata terjadi pergeseran yang cukup masif dalam penggunaan sistem pembayaran. Tren penggunaan sistem pembayaran ini lambat laun berubah ke arah online dan digital, karena dirasa lebih relevan dengan kondisi era modern.

Tapi apa yang dimaksud dengan sistem pembayaran online atau digital ini?

Secara singkat, dapat dipahami sebagai metode pembayaran yang tidak menggunakan uang secara fisik yang diberikan pada kasir. Pembayaran online menggunakan akun yang memiliki saldo atau rekening bank, untuk menyelesaikan pembayaran transaksi. Bisa menggunakan kartu debit atau kredit, dan cara lain yang berbasis online.

Tren Sistem Pembayaran Masa Kini

Sumber : Foto oleh Ivan Samkov dari Pexels

Jika dilihat secara praktis, tren penggunaan sistem pembayaran yang modern telah terjadi di Indonesia. Setidaknya hal ini terjadi sejak tahun 2017 lalu, ketika metode payment gateway mulai diperkenalkan sebagai cara membayar tagihan yang sah dan dijamin oleh Bank Indonesia sebagai lembaga perbankan tertinggi di Indonesia.

Lalu apa saja sistem pembayaran yang saat ini digunakan dan digemari masyarakat? Mungkin Anda sendiri sudah menggunakan beberapa di antara yang ada di dalam daftar singkat ini.

  1. Payment Gateway

Sistem ini memungkinkan pihak ketiga untuk menjadi perantara pada transaksi yang dilakukan di toko online maupun offline, yang bertugas melakukan otorisasi transaksi yang akan dilakukan. Informasi dari pelanggan akan diproses, diteruskan ke pihak perbankan atau lembaga keuangan, lalu ke penjual. Ketika transaksi valid dan bisa dilanjutkan, maka pembayaran bisa dikatakan selesai. Secara sederhana demikian.

  1. Pembayaran dengan Pemindaian QR Code

Cara ini juga banyak digunakan di berbagai lokasi atau store fisik. Sederhana, pelanggan tinggal memindai QR Code yang sudah disediakan, biasanya di bagian kasir, untuk melakukan pembayaran dengan rekening atau akun yang mereka miliki. Secara otomatis tagihan akan muncul, dan pelanggan tinggal melakukan konfirmasi saja atas pembayaran tersebut. Simpel ya?

  1. Pembayaran Di Minimarket

Untuk beberapa lokasi dan kondisi masyarakat yang kurang mendukung kedua cara di atas, tak sedikit pengusaha yang memanfaatkan jasa minimarket untuk menyelesaikan pembayaran. Pelanggan akan mendapatkan kode pembayaran, untuk kemudian diberikan pada kasir minimarket. Setelah dikonfirmasi, tagihan bisa dibayarkan secara tunai atau menggunakan metode pembayaran lain.

  1. Dompet Digital atau E-Wallet

Pembayaran menggunakan dompet digital atau awam disebut e-wallet ini juga populer digunakan di banyak tempat dan untuk berbagai urusan. Mulai dari membeli makanan dan minuman, melakukan pembayaran transaksi layanan on demand, hingga membayar parkir, bisa dilakukan dengan dompet digital. Tentu saja dengan syarat Anda memiliki akun dan memiliki saldo yang cukup di dalam akun tersebut.

Tapi Kenapa Sistem Ini Banyak Digunakan?

Sumber : Foto oleh Eva Elijas dari Pexels

Sebenarnya jawaban atas pertanyaan tersebut sangat praktis, untuk sisi pelanggan yang membeli produk atau jasa, dan pebisnis yang memiliki produk atau jasa.

Untuk sisi pelanggan sendiri, sistem pembayaran online ini memberikan kemudahan karena transaksi bisa dilakukan lebih cepat, efektif, dan praktis. Bayangkan, tinggal transfer dan masukkan PIN sebagai konfirmasi, atau scan QR Code dan konfirmasi, atau berikan kode pembayaran dan bayar tagihan, semua bisa selesai dalam waktu singkat. Pun resiko keamanan untuk transaksi besar bisa dikurangi karena Anda tak perlu membawa uang dalam bentuk fisik ke toko yang ingin dikunjungi.

Lalu apa untungnya untuk pebisnis?

Well, selain bisa memberikan kenyamanan untuk pelanggan setianya, pebisnis juga akan menikmati keuntungan lain. Proses sistem pembayaran online selalu meninggalkan jejak digital yang terekam jelas. Artinya, setiap transaksi akan dapat dilihat riwayat dan detailnya, sehingga memudahkan proses pembukuan dan rekonsiliasi. Hal ini krusial dalam pengelolaan bisnis untuk melihat dinamika bisnis yang dimiliki serta keperluan investasi masa depan.

Tak heran bukan jika sistem pembayaran modern ini menarik untuk penggunanya?

Pada awal kemunculannya, tak sedikit yang meragukan model pembayaran modern ini. Berbagai faktor diangkat untuk menguji kredibilitas sistem pembayaran modern yang muncul, untuk bisa memastikan berbagai hal yang terkait dengan data-data penting dan sensitif.

Namun demikian setiap sistem pembayaran yang sekarang digunakan dipastikan sudah memiliki proteksi optimal pada setiap pihak yang menggunakannya. Selain untuk melindungi keamanan transaksi, hal ini juga jadi tolak ukur kemampuan penyedia layanan pembayaran online untuk memberikan layanan terbaik, baik pada saat transaksi atau setelah transaksi. Data sensitif diproteksi menggunakan metode terbaik, sehingga kebocoran data tidak terjadi.

Jokul by DOKU, hadir untuk mengoptimalkan sistem pembayaran modern yang saat ini banyak digunakan. Layanan DOKU sendiri sebenarnya sudah muncul sejak lama, dan menjadi inisiator di segmen payment gateway di Indonesia. Kini dengan produk terbarunya, Jokul, DOKU ingin memberikan satu konsep payment gateway yang lengkap dan bisa membantu pengusaha kecil untuk melakukan digitalisasi. Untuk mengetahui informasi lengkapnya, Anda bisa langsung berkunjung ke situs resminya. Manfaatkan fitur terbaik dari Jokul, dan mari masuk ke era digital!

 

Leave a Reply