Komitmen dari PGN untuk Memperluas Pelanggan dari Rumah Tangga

Logo PGN

Perusahaan Gas Negara atau biasa disingkat menjadi PGN merupakan perusahaan gas terbesar yang ada di Indonesia. Perusahaan ini memberikan suplai gas ke berbagai lapisan pelanggan nusantara mulai dari pelanggan dari perusahaan yang membutuhkan banyak listrik hingga pelanggan rumah tangga dari yang menjalankan bisnis rumah tangga sampai pelanggam rumah tangga biasa.

Menurut Hendi Prio Santoso sebagai Direktur Utama dari PGN, pelanggan yang membutuhkan gas bumi paling banyak ialah rumah tangga. Maka dari itu, ada beberapa cara yang dilakukan oleh PGN untuk tetap memberikan pelayanan terbaiknya kepada pelanggan rumah tangga.

Untuk cara pertama yang dijelaskan oleh Hendi Prio Santoso ialah dengan cara mengembangkan jaringan PGN dengan modal atau biaya yang dimiliki oleh PGN sendiri. Sebenarnya, cara yang pertama ini telah dilakukan PGN, dan telah ada beberapa daerah Indonesia yang merasakan hasilnya seperti di seluruh provinsi Jawa dan beberapa provinsi di Sumatera (Sumatera Utara, Sumatera Selatan dan Kepulauan Riau). Daerah yang telah disebutkan tersebut merupakan daerah yang paling banyak membutuhkan gas dari PGN untuk menjalankan roda perekonian disana.

Kemudian, dari cara yang pertama ini, telah ada lebih dari 100 ribu jaringan gas yang tersebar di seluruh Indonesia. Untuk meningkatkan jumlah tersebut, PGN pun mulai fokus untuk mempunyai jaringan yang lebih luas lagi dengan cara memperluas jaringan di daerah yang telah ada sampai ke daerah yang memang belum tersentuh jaringan gas ini sebelumnya.

Untuk manambah pasokan gas yang ada pada PGN, nyatanya PGN tidak hanya mengandalkan gas bumi yang diambil dari pipa yang tersalur ke perut bumi, akan tetapi juga melakukan kerjasama sehingga mendapatkan CNG seperti yang telah dilakukan di daerah Semarang khusumya di daerah Tambak Aji. CNG tersebut dikirim dari wilayah Jawa Timur.

Sedangkan cara yang kedua ialah melakukan kerjasama dengan kementrian ESDM, dan Hendi Prio Santoso menuturkan bahwa pada bulan Agustus 2015, PGN telah diberi mandat untuk menjadi pengisi jaringan gas rumah tangga di sekitar 11 kota dengan jumlah rumah tangga lebih dari 43.000.

 

Leave a Reply