Camilan Simple – Nugget Pisang Ambon

Nugget Pisang adalah aneka resep cemilan simple populer di Indonesia yang berasal dari Pisang Goreng. Hidangan ini memiliki warna keemasan, tekstur yang renyah, dan rasa yang manis. Menu ini tidak akan gagal untuk dibuat, mulai dari menumbuk pisang, membungkus pisang dengan roti yang di potong dadu, dan mencampurnya dengan adonan. Titik kesulitan ada pada tingkat kerenyahan. Pastikan minyak benar-benar panas dan tidak terlalu penuh, jika tidak, nugget pisang bisa menjadi terlalu berminyak dan lembek.

Asal – usul nugget pisang.

Nugget pisang adalah salah satu jajanan ikonik dari Makassar. Kalau biasanya digoreng dengan tepung biasa, pisang yang satu ini digoreng dengan tepung panir sehingga lebih bertekstur dan renyah di luar. Namun jangan tertukar dengan pisang pasir lho, karena nugget pisang umumnya memakai pisang raja dan pisang tanduk yang terasa lebih legit dan beraroma khas.

Kalau anda tak punya pisang raja atau tanduk, bisa diganti dengan pisang ambon atau pisang kepok. Tapi kita akan membuat nugget pisang dari pisang ambon karena mudah di cari di sekitar kita.

Pisang goreng biasanya hanya menggunakan tepung terigu yang dicampur dengan telur. Pisang nugget ini selain menggunakan kedua bahan tadi, juga menggunakan terigu panir atau di kenal dengan tepung roti. Tepung panir ini yang membuat pisang goreng dengan kulit yang crunchy dan bewarna kecoklatan seperti nugget yang sering anda lihat.

Saat ini banyak kedai yang sudah menjual menu ini dengan beragam varian berbeda. Seperti pisang nugget dengan parutan keju atau taburan cokelat. Beragam varian ini menjadi salah satu yang terus dikembangkan para penjual pisang nugget. Selai roti nutela hingga potongan biskuit pun bisa menjadi variasi rasa untuk pisang nugget ini.

Sebelum menuju resepnya, kita intip kandungan Gizi dalam Nugget Pisang yuk!

Memiliki nutrisi yang bermanfaat, yaitu: Dapat bantu menjaga berat badan, merupakan sumber energi, menjaga sumber pencernaan,

Dalam 100 gram pisang mengandung 250 kalori, 68% air, 25% gula, 2% protein, 1% lemak dan minyak dan 1% serat selulosa. Selain itu, pisang juga mengandung pati dan asam tanin, vitamin A, vitamin B (B1, B2, B6, dan B12), vitamin D, juga mengandung kalsium, fosfor, besi, sodium, kalium (potassium), magnesium, dan seng.

Sedangkan dalam Nugget Pisang, terdapat 80 Kalori dalam 1 porsi (35 ml). Lemak 3.5g. Karbohidrat 12g. Protein 1g.

Setelah mengatahui tentang nugget pisang dan manfaatnya, lanjut simak resepnya di bawah ini ya bund.

Bahan – bahan :

  1. 3 buah pisang ambon ukuran besar;
  2. 1 butir telur;
  3. 2 sdm gula;
  4. 5 sdm tepung terigu (untuk adonan)
  5. 3 sdm tepung terigu (larutkan dengan susu cair secukupnya, untuk bahan celup); dan
  6. Tepung panir secukupnya
  7. Minyak, untuk menggoreng

Cara membuat :

  1. Kupas pisang dan haluskan bersama tepung terigu, gula, dan telur menggunakan garpu atau sendok. Campur hingga merata;
  2. Masukkan adonan ke cetakan yang sudah dilapisi dengan margarin;
  3. Kukus adonan menggunakan panci kukus yang sudah dipanaskan. Kukus kurang lebih sampai 20 menit;
  4. Setelah matang, tunggu sampai agak dingin. Setelah itu potong sesuai selera;
  5. Selanjutnya celupkan adonan ke dalam tepung terigu yang sudah dilarutkan dengan susu;
  6. Lapisi dengan tepung panir, dan goreng sampai warnanya kuning keemasan dan
  7. Sajikan!
 

Leave a Reply