Kumpulan Doa Untuk Orang Sakit

Selain sebagai ujian, sakit juga bisa menjadi sarana penggugur dosa dari Allah Subhana wa Ta’ala. Dan setiap orang pasti pernah mengalami sakit.

Namun, sebagai manusia kita tetap diperintahkan ber-ikhtiar untuk sembuh dari penyakit tersebut, seperti berobat. Selain ikhtiar, kita juga harus memohon doa kepada Allah agar segala penyakit diangkat dari diri kita. Karena bagaimanapun, penyakit itu datang dari Allah dan Allah juga yang dapat menyembuhkannya.

Allah Subhana wa Ta’ala berfirman :

Artinya : “dan apabila aku sakit. Dialah Yang menyembuhkan aku.” (QS. Asy Syuara : 80).

Nabi Shollallahu alaihi wassallam bersabda :

Artinya : “Rasulullah Shollallahu ‘alaihi wassallam pernah masuk menjenguk seorang a’raby (Arab baduy), beliau bersabda, “Tidak mengapa, (sakitmu ini sebagai) pembersih dosa Insya Allah” Aku (Ibnu Abbas) berkata : “Pembersih dosa?! Sekali-sekali tidak, bahkan ini adalah demam yang mendidih atau bergejolak pada seorang yang sudah tua renta, yang akan mengantarkannya kepada kubur.” Nabi Shollallahu alaihi wassallam bersabda, “Kalau demikian, benar (ia adalah penghapus dosa.)” )HR. Bukhari).

Doa Untuk Orang Sakit

Bagi orang yang menjenguk, hukumnya sunnah untuk berdoa. Ada beberapa doa untuk orang sakit, diantaranya :

Berdasarkan pada hadits yang terdapat dalam sahih Muslim, ketika Utsman bin Abil Ash mengadu kepada Rasulullah mengenai penyakit yang dia rasakan di tubuhnya, maka Rasulullah Shollallahu alaihi wassallam bersabda :

“Letakkan tanganmu pada bagian tubuhmu yang sakit, dan bacalah ‘bismillah’ tiga kali, kemudian bacalah sebanyak tujuh kali, aku berlindung dengan keperkasaan Allah dan kekuasan-Nya dari keburukan apa yang aku dapati dan aku takutkan.” (HR. Muslim).

Doa Meminta Kesembuhan

Allahumma rabbannaas adzhibil ba’sa wa antasy syaafi laa syifaa’a illa syifakaa’uka, syifaa’an laa yughaadiru saqamaa.

Artinya : “Ya Allah Rabb manusia, hilangkanlah rasa sakit ini. Sembuhkanlah, Engkaulah Yang Maha Penyembuh. Tidak ada kesembuhan yang sejati kecuali kesembuhan yang tidak meninggalkan komplikasi rasa sakit dan penyakit lain.”

Doa Agar Diberikan Kesehatan

Allahumma ‘aafinii fii badanii allahumma ‘aafinii fii sam’ii allahumma ‘aafinii fi basharii la ilaha illa anta.

Artinya : “Ya Allah, sehatkan badanku. Ya Allah, sehatkan pendengarkanku. Ya Allah sehatkan penglihatanku. Tiada Tuhan selain Engkau.”

Do dia atas bisa dibacakan di waktu pagi dan petang hari, masing-masin tiga kali. Selain doa di atas, anda juga bisa membaca doa Rasulullah Shollallahu alaihi wassallam agar diberikan kesehatan, yaitu :

Allahumma innii a’uudzu bika min zawaali ni’matik, wa tahawulli ‘aafiyatik, wa fujaa’ati niqmatik, wa jamii’i sakhotnik).

Artinya : “Ya Allah, sesungguhnya aku ini berlindung kepada-Mu dari hilangnya nikmat yang telah Ebgkau berikan, dari ubahnya kesehatan yang Engkau anugerahkan, dari siksa-Mu yang datang secara tiba-tiba, serta dari segala murka-Mu.”

Doa Saat Sakit Panas Atau Demam

Bismillahilkabiiri a’uudzubillaahil’adziimi min syarri’irqin na’aarin wamin syarrinnaari.

Artinya : “Dengan menyebut nama Allah yang Maha Besar, kami berlindung kepada Allah yang Maha Agung dari kerjahatan peluh yang mendidih dan kejahatan panasnya api.”

Doa Agar Terlindung Dari Penyakit Berbahaya

Allahumma inni a’udzubika minal barashi wal junuuni wal judzaami wa sayyi’il asqaami.

Artinya : “Ya Allah, aku berlindung pada-MU dari penyakit belang, penyakit gila, penyakit kusta, dan penyakit-penyakit buruk lainnya.”

Doa Menjenguk Orang Sakit

As alullahal ‘azhiim rabbal ‘arsyil ‘azhiim an yasyfiyaka.

Artinya : “Aku menohon kepada Allah yang agung, pelindung arasy yang megah agar menyembuhkanmu.”

 

Leave a Reply