Tips Menemani Kegiatan Melukis dengan Jari Bersama Buah Hati

Di masa pandemi seperti sekarang ini, waktu kita bersama dengan buah hati memang jauh lebih banyak. Apalagi, kita bisa bekerja dari rumah. Namun, jika hanya di rumah bersama dengan si kecil tanpa melakukan kegiatan apapun, pasti akan sangat membosankan. Salah satu kegiatan yang bisa Anda lakukan di rumah bersama si kecil adalah melukis dengan jari.

Anda bisa mencoba melakukan aktivitas warna serta bentuk dengan menggunakan jari. Tentu saja, agar bisa memastikan keamanan cat yang dipergunakan, Anda dapat membuat pewarna sendiri. Teknik melukis dengan menggunakan jari bukan hanya menyenangkan, namun juga sangat cocok dimainkan untuk anak dengan usia 6 bulan ke atas.

Melukis menggunakan jari dapat merangsag perkembangan mental dan fisik anak. Hal ini disebabkan karena anak yang berusia 6 bulan ke atas tertarik di lingkungan yang berada di sekitarnya mulai dari merangkak serta mengenali benda menggunakan tangannya.

Selain itu, anak-anak juga mengembangkan kemampuan motorik dan konsentrasi dengan melakukan kegiatan ini. Namun, tentu saja kita harus merancang kegiatan ini dengan aman. Lebih-lebih anak-anak gemar memasukka barang ke mulut, sehingga material harus dipastikan aman.

Tips Membuat Bahan Melukis dengan Jari

Ketika ingin melukis menggunakan jari bersama dengan buah hati, sebenarnya Anda tidak perlu membelinya du toko dengan harga mahal. Anda dapat membuat bahannya sendiri. Anda dapat membuatnya dengan menggunakan bahan seperti tepung maizena, air dingin, air mendidih dan pewarna makanan.

Untuk membuatnya, Anda dapat menggunakan panci, kemudian campurkan tepug serta airb dingin. Campurkan hingga membentuk seperti pasta. Setelah membentuk seperti pasta, Anda bisa menuangkan air panas dengan perlahan, pastikan adonan tidak menggumpal.

Nyalakan kompor dan aduk adonan menggunakan api kecil. Adonan nantinya akan menampakkan garis-garis, Anda dapat mematikan api jika sudah membentuk adonan yang kental layaknya puding. Bagi ke dalam beberapa wadah dan campurkan warna ke dalamnya. Tambahlan pewarna makanan dan campurkan secara merata.

Bila sudah dicampur dengan merata, bahan lukisan sudah siap untuk digunakan. Jika adonan masih banyak tersisa, Anda dapat menutupnya menggunakan pastik wrap. Ketika menggunakan adonan pewarna ini, pastikan jika tidak ada tanda-tanda basi di adonan. Bila adonan mengeras, Anda bisa menambahkan sedikit air dan diamkan.

Saatnya Melukis dengan Jari Bersama Buah Hati

Melukis menggunakan jari tentu saja menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan, namun juga menjadi kegiatan yang menyebabkan banyak noda, karena bisa dipastikan nantinya cat akan bertebaran kesana kemari.

Oleh sebab itu, sebelum bermain Anda dapat melapisi lantai dengan menggunakan plastik untuk alasnya. Plastik bisa diberi lakban agar tidak bergeser. Anda bisa mengolesi pewarna pada tangan anak kemudian membiarkannya berkreasi mengoleskan pewarna kesana kemari.

Ketika melukis dengan menggunakan jari, Anda bisa menyediakan tisu basah serta handuk di samping. Jika sudah selesai, bersihkan segera si kecil ke kamar mandi. Biarkan kanvas mengering dan biarkan anak bangga melihat hasil lukisannya. Hal ini bisa membuat anak memiliki rasa puas.

Melukis dengan jari memiliki berbagai macam manfaat. Contohnya saja keterampilan sensori, keterampilan ini dapat terasah saat buah hati menggunakan pancaindera di tubuhnya. Dengan kemampuannya tersebut, mereka bisa menafsirkan berbagai hal di sekitarnya. Melukis menggunakan jari juga bisa meningkatkan kemampuan penciuman, sentuhan, dan penglihatan. Dengan proses ini anak bisa belajar merasakan tekstur baru, membau cat serta melihat warna bekerja.

 

Leave a Reply