Pengertian dari Asmaul Husna Beserta Manfaat Mengamalkan Asmaul Husna

Sebagai umat muslim tentunya kita sudah tidak asing mendengar kata Asmaul Husna. Namun, apakah kita sudah mengetahui apa makna dari Asmaul Husna itu sendiri ? Asmaul Husna memiliki arti yaitu nama atau sifat-sifat baik yang dimiliki oleh Allah SWT yang tercantum didalam kitab suci umat muslim yaitu Alquran. Jumlah dari Asmaul Husna tersebut terdapat 99 nama-nama atau sifat-sifat baik yang dimiliki oleh Allah SWT, tentunya dari 99 nama-nama atau sifat baik yang dimiliki oleh Allah SWT ini memiliki makna yang berbeda-beda yang mempunyai keutamaannya tersendiri bagi umat muslim yang menghafalkan dan melafalkannya. Bagi Anda yang suka melafalkan dan juga menghafalkan Asmaul Husna maka Allah SWT menjanjikan akan memberi manfaat bagi siapapun umat muslim yang mengamalkannya, manfaat dari mengamalkan Asmaul Husna tersebut diantaranya adalah :

  1. Takut Kepada Allah SWT

Makna dari takut kepada Allah SWT disini adalah siapapun yang mengimani semua perintah dan ajaran dari Allah SWT maka akan selalu mengingat Allah SWT di setiap langkahnya, sehingga Ketika tersirat niat buruk didalam hati manusia maka Ia akan seketika melupakan niatnya berbuat buruk, karena Ia menyadari bahwa Allah SWT Maha Melihat dan Maha Mengetahui segala sesuatu yang dilakukan bahkan yang masih berupa niatan dari hambanya. Seperti salah satu nama yang ada didalam Asmaul Husna yaitu “Ya Aliim” yang artinya Yang Maha Mengetahui. Siapapun manusia yang meyakini akan hal ini maka akan senantiasa takut dan mengingat bahwa Allah SWt selalu memperhatikan kita di setiap Langkah kita.

  1. Ketenangan Hati

Allah SWT berjanji pada setiap hamba-Nya bahwa siapapun yang senatiasa mengingat Allah SWT di setiap langkahnya maka akan mendapatkan ketenangan di hatinya. Orang-orang tersebut diantaranya yaitu adalah orang yang suka berdzikir dan mengamalkan Asmaul Husna. Karena sesungguhnya jika kita mengimani segala sesuatunya itu datang dari Allah SWT maka hati kita tidak akan merasa kekurangan akan hal apapun bahkan Ketika kita terkena musibah kita tetap bisa melihat sisi positifnya karena hati kita sudah percaya sepenuhnya pada Allah SWT. Ketengan hati tersebut akan bisa dirasakan jika kita sebagai manusia menyadari bahwa semuanya sudah diatur oleh Allah SWT dan tugas kita sebagai manusia hanya sebatas berdoa dan berusaha.

  1. Hidup untuk Beribadah

Jika kita sudah benar benar mengamalkan apa yang ada didalam Asmaul Husna maka sudah pasti sisa hidup kita akan dihabiskan untuk beribadah dan menyembah Allah SWT, karena dari 99 nama yang terdapat didalam Asmaul Husna dan juga didalam Aquran sudah tergambar jelas bahwa tidak ada yang lebih layak disembah kecuali Allah SWT. Setiap manusia yang sudah memahami tersebut tentunya hidupnya hanya akan fokus dalam beribadah dan mencari keridhoan ALLAH SWT, karena dengan ibadah yang kita lakukan di dunia itulah yang nantinya kelak akan bisa membawa kita masuk ke surgaNya Allah SWT dan berkumpul dengan sesama orang-orang mukmin dan beriman. Seperti didalam Alquran pun disebutkan bahwa sesungguhnya hidup di dunia ini hanya sementara dan kehidupan yang kekal yaitu kelak di akhirat. Maka kita sebagai manusia harus mempersiapkan bekal yang baik untuk kehidupan di akhirat kelak, salah satunya adalah dengan beribadah kepada Allah SWT

Itulah beberapa manfaat dan keutamaan yang kita bisa dapatkan dari mengamalkan Asmaul Husna beserta artinya, semoga kita menjadi salah satu hamba Allah yang bisa menerima Syafaat tersebut

 

Leave a Reply