Pengertian Surat Pengunduran Diri

Surat pengunduran diri merupakan bentuk pernyataan mengundurkan atau keluar dari suatu pekerjaan yang dimiliki. Selain mengundurkan diri pada pekerjaan yang telah ditempatinya, namun juga dapat mengundurkan atau keluar dari aktivitas yang telah dilakukan sebelumnya.

Sebelum mengundurkan diri atau resign, Anda harus benar-benar mempertimbangkan terlebih dahulu keputusan Anda, agar tidak menyesal kemudian. Jika sudah yakin, maka segeralah buat konsep surat. Keputusan untuk mengundurkan diri bisa dilakukan siapa saja. Termasuk karyawan yang mengundurkan diri dari perusahaan. Banyak alasan yang biasanya menjadi latar belakang mengapa seseorang mengundurkan diri dari pekerjaannya, misalnya adalah :

– dibayar dengan gaji yang rendah namun diberikan job desk yang lebih

– tidak ada kenaikan gaji

– tidak terciptanya hubungan yang harmonis dengan atasan ataupun karyawan lainnya

Dari contoh alasan diatas memang mengundurkan diri akan menjadi solusi yang tepat yang sering ditempuh oleh para karyawan. Jika Anda ingin melakukan pernyataan untuk pengunduran diri, ada baiknya pengunduran diri tersebut Anda nyatakan secara tertulis dan juga resmi. Jika Anda menyatakan pengunduran diri tersebut melalui lisan, artinya Anda sudah menyalahi aturan yang ada. Karena penyampaian pengunduran diri melalui lisan dianggap sebagai salah satu cara yang tidak sopan dan akan memberikan kesan akhir yang kurang baik. Oleh karena itu jika anda seorang karyawan yang sedang bekerja di suatu perusahaan dan ingin melakukan pengunduran diri, maka Anda butuh persiapan. Salah satunya membuat surat pengunduran diri.

Surat pengunduran diri bisa ditulis tangan ataupun diketik.

Surat yang ditulis harus baik dan benar agar perusahaan tempat anda bekerja menerima keputusan anda. Selain itu agar tidak menimbulkan kesan yang tidak baik ke depannya. Maka dari itu pembuatan surat pengunduran diri harus sesuai dengan format atau aturan yang ada dengan tetap memperhatikan isi atau tujuan dari pembuatan surat tersebut. Surat pengunduran diri harus menggunakan bahasa penyampaian secara resmi, baik, dan benar.

Berikut rincian surat pengunduran yang baik dan benar, diantaranya adalah:

– memuat hal-hal seperti salam pembuka kepada atasan, diikuti dengan pemberitahuan soal pengunduran diri.

– kemudian diikuti jenis jabatan di perusahaan

– memberikan alasan mengapa memutuskan untuk mengundurkan diri

– cantumkan ucapan terima kasih atas pengalaman kerja yang diberikan, ungkapan maaf, terakhir salam penutup

Selain pengertian diatas ada pula tujuan dari surat pengunduran diri. Tujuan surat pengunduran diri diantaranya adalah:

1. Agar tetap terlihat profesional dalam bekerja

Dengan membuat surat pengunduran diri otomatis akan memperlihatkan bentuk tanggung jawab dan sikap profesional Anda terhadap pekerjaan dan perusahaan.

2. Agar perusahaan dapat mencari karyawan baru dan memberikan informasi karyawan

Anda dapat memberikan waktu kepada perusahaan untuk mencari pengganti karyawan baru tanpa terburu-buru. Sehingga pihak perusahaan tidak akan merasa dirugikan atas hak mereka dari kewajiban pekerjaan Anda, dan posisi pekerjaan Anda tidak akan terbengkalai karena akan cepat tergantikan dengan karyawan baru.

3. Menjaga citra baik Anda di perusahaan

Dengan membuat surat pengunduran diri yang baik dan benar, Anda akan memiliki reputasi dan citra yang baik di tempat kerja lama Anda, karena mundur dengan elegan dan sesuai prosedur. Untuk contoh surat pengunduran diri bisa Anda buka ulasan berikutnya di Contoh surat pengunduran diri. Dari ulasan di atas sangat jelas kalau surat pengunduran diri merupakan satu langkah tepat untuk Anda yang akan melakukan pengunduran diri dalam bekerja.

Demikian ulasan tentang pengertian dan tujuan surat pengunduran diri. Semoga bermanfaat buat Anda yang akan merencanakan untuk berhenti bekerja.

 

Leave a Reply