Bahan Alami untuk Melembutkan Rambut

Rambut yang lembut dan sehat tentu saja impian dari setiap kaum hawa. Rambut yang lembut dipercaya menjadi syarat penampilan menjadi terlihat menarik. Inilah yang membuat produk pelembut rambut menajdi laris manis di pasaran.

Untuk wanita, rambut merupakan mahkota yang harus dirawat dan dijaga dengan baik. Sehingga tidak mengherankan jika wanita membeli produk untuk melembutkan rambut dengan harga mahal atau berbondong-bondong ke salon.

Tidak jarang, ada juga wanita yang mau merogoh kantong dalam-dalam agar bisa merawat rambutnya dengan maksimal. Sebenarnya, untuk membuat rambut lembut, Anda bisa menggunakan bahan alami.

Bahan Alami Melembutkan Rambut

Berikut berbagai macam bahan alami yang bisa digunakan untuk membuat rambut menjadi lembut, antara lain:

  1. Madu

Dengan kandungan zat kompleks yang dimilikinya, madu sudah dari dulu dipergunakan untuk berbagai macam perawatan tubuh seperti rambut. Bahkan, madu juga menjadi bahan untuk membuat rambut menjadi lebih lembut.

Bila Anda ingin menggunakan madu sebagai metode perawatan rambut, cuci rambut terlebih dahulu, kamudian oleskan madu di semua bagian rambut. Setelah mengoleskan madu, tunggu selama beberapa waktu dan bilas dengan menggunakan air hangat sampai bersih.

  1. Pisang

Bahan melembutkan rambut yang lainnya adalah piang. Dengan kandungan vitamin yang dimilikinya, pisang sangat berguna untuk menjaga kelembaban serta merawat rambut dari adanya kerusakan.

Bahkan pisang juga mencegah rambut kusam. Untuk mengaplikasikan pisang sebagai bahan pelembut rambut, Anda bisa mengambil satu atau dua pisang, kemudian kupas. Haluskan daging pisang dan ratakan di seluruh permukaan rambut. Diamkan rambut selama 20 menit dan bilas dengan mengunakan air bersih. Jika ingin hasil yang lebih maksimal, Anda bisa menambahkan madu.

  1. Minyak zaitun

Sudah dari dahulu kala minyak zaitun terkenal mampu memberikan manfaat untuk kecantikan serta perwatan tubuh. Namun bukan hanya itu, minyak zaitun ternyata bisa membuat rambut menjadi lebih lembut.

Kandungan mineral serta vitamin yang berada di dalam minyak menjadi nutrisi yang sangat dibutuhkan rambut agar tetap sehat, bahkan minyak zaitun berguna sebagai pencegah kerusakan rambut dan menghaluskannya.

Untuk mengaplikasikan minyak zaitun, Anda bisa mengoleskannya di semua permukaan rambut mulai dari pangkal sampai ujung, kemudian diamkan selama 15 menit dan cuci dengan menggunakan sampo bersih.

  1. Minyak kelapa

Minyak kelapa juga dapat digunakan untuk merawat rambut. Minyak kelapa memiliki kandungan berbagai macam nutrisi yang dibutuhkan rambut seperti vitamin E serta K. Minyak kelapa juga memiliki kandungan asam kaprat, lemak esensial, serta anti mikroba tertentu.

Berbagai macam nutrisi yang dimiliki minyak kelapa berguna untuk menjaga kelembapan rambut dan membuat rambut menjadi lembut. Untuk menggunakan minyak kelapa, Anda hanya perlu mengusapkan minyak ini dari pangkal sampai ujung, kemudian pijat selama 15 menit dan bilas dengan menggunakan sampo.

  1. Kemiri

Merawat rambut dengan menggunakan kemiri memang sudah dilakukan dari dulu. Kemiri dapat memperindah serta menjaga kesehatan rambut. Untuk melembutkan rambut menggunakan kemiri, Anda bisa mengoleskan minyak kemiri di semua bagian rambut.

Jika sudah mengoleskan minyak kemiri secara merata, Anda harus melakukan pijatan dengan perlahan sampai di kulit kepala. Kemudian biarkan sampai beberapa menit dan bilas menggunakan air bersih.

Selain menggunakan bahan alami yang dapat melembutkan rambut, Anda harus bisa memilih shampo dengan tepat. Selain itu hasil dari perawatan rambut di atas juga tidak bisa dilihat dalam waktu singkat. Dibutuhkan waktu hingga 1 atau 2 bulan untuk melihat hasil perawatan secara maksimal.

 

Leave a Reply