Laporan Keuangan Mayora, Tetap Positif di Tengah Pandemi

Laporan keuangan Mayora tentu menjadi salah satu hal yang harus dipertimbangkan ketika Anda berniat untuk menjadi investor di perusahaan ini. Contohnya saja ketika ingin melakukan pembelian saham Mayora.

Sebagai perusahaan terbuka, laporan keuangan yang dimiliki oleh Mayora memang bisa dengan mudah kita akses. Ketika ingin melihat laporan keuangan yang mereka miliki, Anda hanya perlu mengakses website resmi Mayora, kemudian memilih informasi bagi investor dan memilih laporan tahunan.

Informasi bagi investor menyajikan berbagai macam hal seperti laporan tahunan, informasi keuangan, informasi rapat umum pemegang saham, informasi saham Mayora, informasi yang berkaitan dengan obligasi Mayora, informasi mengenai deviden hingga keterbukaan informasi.

Laporan keuangan tahunan ini diperbarui setiap tahunnya. Tentu saja laporan tersebut digunakan sebagai bentuk pertanggungjawaban pada para pemegang saham, sehingga bisa menilai perusahaan dengan baik.

Laporan Keuangan Mayora Terbaru

Harus diakui, pandemi virus corona yang menyerang memang menjadi pukulan telak bagi semua lini industri, termasuk consumer goods atau barang konsumsi. PT Mayora Indah Tbk melakukan pembukuan penjualan bersih di angka Rp 24,47 triliun di tahun 2020. Angka tersebut mengalami penurunan yang cukup tipis di kisaran 2,19% jika dibandingkan dengan penjualan di tahun 2019 sebesar Rp 25,02 triliun.

Meskipun demikian, Mayora tetap bisa mencetak kenaikan laba bersih menjadi Rp 2,06 triliun di tahun 2020, sedangkan di tahun 2019, labar bersih Mayora Rp 1,99 triliun. Penjualan bersih dari Mayora di dominasi segmen lokal sebear Rp 14,38 triliun, tahun 2020. Kemudian di pasar ekspor sebesar Rp 10,11 triliun.

Mayora juga mengalami penyusutan penjualan yang disebabkan oleh retur dengan angka Rp 16,87 miliar. Beban pokok penjualan Mayora sebesar Rp 17,17 triliun di tahun 2020. Beban ini mengalami kenaikan sebesar 0,040% jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Beban usaha Mayora juga mengalami penurunan sebesar 5,90%.

Hingga saat ini, total aset yang dimiliki Mayora berada di angka Rp 19,77 triliun pada tahun 2020, mengalami kenaikan 3,88% jika dibandingkan dengan total aset tahun 2019 sebesar Rp 19,03 triliun. Total ekuitas Mayora sebesar Rp 11,27 triliun sedangkan liabilitasnya Rp 8,50 triliun.

Mayora Siap Tingkatkan Penjualan Saat Lebaran

Selain laporan keuangan Mayora yang tetap memberikan sinyal positif, penjualan Mayora juga demikian. Lebih-lebih di moment mendekati lebaran seperti sekarang ini. Mayora bahkan memproyeksikan akan terjadi peningkatan permintaan di sejumlah produk yang mereka miliki ketika moment bulan puasa dan lebaran.

Mayora juga sudah menyiapkan strategi agar bisa meraih peluang, salah satunya ialah peningkatan distribusi. Momen puasa dan lebaran tahun ini akan menjadi lebih positif dibandingkan dengan tahun lalu, apalagi sudah terdapat vaksin COVID-19 yanng sudah mulai berjalan.

Sebagai investor, mempertimbangkan laporan keuangan perusahaan wajib hukumnya, meskipun seperti yang kita ketahui, consumer goods menjadi instrumen yang terus bergerak positif.

 

Leave a Reply