Mengenal Sejarah Kelahiran Mobil Toyota Vios

Toyota Vios adalah salah satu mobil jenis sedan yang dikeluarkan oleh pabrikan besar asal Jepang, Toyota Motor Company. Toyota Vios pertama kali keluar pada tahun 2003 yang merupakan sedan kecil yang dirancang khusus untuk pasar Asia Tenggara. Toyota Vios diproduksi di Thailand dan China. Sedan kecil dengan pintu berjumlah empat ini sama persis dengan Toyota Vitz atau biasa disebut dengan Toyota Yaris. Keduanya dibuat dengan platform P yang memiliki ciri khas panel instrumen ada di tengah dashboard.

Dalam sejarah Toyota Vios pertama kali dirilis pada 2003 dengan berbagai variasi mesin di beberapa negara Asia. Mesin yang digunakan Toyota di Asia Tenggara pada umumnya berkapasitas 1500 cc 1NZ-FE, akan tetapi mesin 1300 cc 2NZ-FE juga dapat ditemukan di Filipina. Di China, Toyota Vios menggunakan mesin 1300 cc 8A-FE dan 1500 cc 5A-FE. Khusus di Thailand, Toyota memasarkan Vios bermesin turbo 1500 cc dengan tambahan body kit. Untuk kelas, Vios dibagi menjadi beberapa jenis, yakni kelas J (standar), kelas E (menengah), kelas S (sporty) dan kelas G (menengah dilengkapi instrumen digital). Selain empat kelas tersebut, masih ada Toyota Vios Limo yang merupan kelas J yang digunakan untuk taksi. Generasi pertama Toyota Vios ini dipasarkan pada tahun 2003 hingga tahun 2007.

Generasi kedua Toyota Vios dipasarkan sejak tahun 2007 hingga saat ini. Seri Toyota Vios yang terbaru ini sudah sejajar dengan Toyota Belta di Jepang dan juga Toyota Yaris tipe sedan yang dipasarkan di Australia, Amerika Serikat dan Kanada. Perbedaan paling mencolok dari Vios generasi pertama dan generasi kedua adalah pada panel instrumen. Pada Vios generasi kedua, panel instrumen menghadap ke belakang sehingga seluruh penumpang bisa melihatnya. Center panel juga terkoneksi dengan pusat pengendali sound system.

Pada seri G, ditambahkan pengaturan volume suara pada kemudi. Seri G ini memiliki fitur yang paling lengkap diantara yang lain seperti auto leveling headlights, High Intensity Discharge, MID, Speedometer optitron, sensor parkir, indikator tekanan ban dan lain sebagainya. Secara garis besar, interior Vios generasi kedua lebih lengkap dari pendahulunya. Kedua generasi Toyota Vios memiliki panjang 4,4 m, lebar 1,7 m dan tinggi 1,46 m dengan jarak sumbu roda 2,55 m. Berat kosong tetu saja tergantung tipe, mulai dari 1.020 kg hingga 1.050 kg. Di Indonesia, semua Toyota Vios yang dijual menggunakan mesin 1NZ-FE yang berkapasitas 1497 cc atau biasa disebut 1500 cc dan tangki bahan bakar berkapasitas 42 liter.

Generasi ketiga Toyota Vios dipasarkan sejak tahun 2013 hingga saat ini. Pada bagian platform dan rangka Toyota Vios generasi ketiga atau gen tiga masih menggunakan Vios generasi sebelumnya, akan tetapi hanya mengalami sedikit peningkatan yaitu pada sektor dimensi yang bertambah. Pada sektor lampu depan menggunakan proyektor untuk tipe G dan TRD Sportivo sedangkan untuk tipe E masih menggunakan lampu Kristal biasa. Pada bagian samping memiliki desain garis lekukan yang melandai sehingga menjadikan desain Toyota Vios generasi ketiga atau gen tiga tampak lebih sporty. Interior Toyota Vios generasi ketiga atau gen tiga ini dihadirkan dengan skema dua warna atau two-tone black-ivory. Sedangkan untuk instrumen MID, ciri khas Vios yang di tengah telah ditinggalkan dan bergeser kembali ke sisi pengemudi. Desain tampilan dasbor kini lebih modern dan futuristik, begitu juga dengan instrumen MID atau speedometer.

Di tahun 2016 juga Vios mengalami penggantian dapur pacu. Kalau sejak generasi pertama yaitu tahun 2003, Vios dibekali dengan mesin 1.500 cc 1NZ-FE, maka pada tahun 2016 Vios diperbaharui dengan menggunakan mesin 1.500cc 2NR-FE dengan Dual VVT-i. Mesin yang sama ini juga dipakai oleh Toyota Avanza facelift generasi kedua dan Toyota Sienta generasi kedua.

Pada tahun 2018 hadir Vios facelift Joker yang berbasis dari Toyota Vios gen tiga, model body masih terasa sama. Perbedaan utama terletak pada bagian bumper depan, bagian belakang, dan lekukan garis samping. Di bagian depan, bentuk gril yang dipasangkan menyerupai Yaris tahun 2018 atau Yaris Joker dengan gril warna hitam yang lebar di bagian bawah. Pada ujung kanan dan kiri bagian atas gril disematkan sepasang LED DRL. Bentuk headlampnya sipit dengan projector yang sayang sekali masih menggunakan bola lampu halogen biasa.

Kunjungi website info mobil bekas untuk mendapatkan informasi lebih lengkap dan jelas tentang sejarah mobil Toyota Vios mulai dari Vios gen satu, Vios gen dua, dan Vios gen tiga sampai dengan Vios Joker terbaru.

 

Leave a Reply