6 Minuman yang Baik Dinikmati saat Haid, Simple dan Bisa Meredakan Nyeri!

Sumber: pinterest.com

Saat wanita mengalami menstruasi tubuh biasanya akan mengalami berbagai macam perubahan setiap bulannya. Saat haid tiba tak sedikit dari kita yang ingin minuman atau makanan manis-manis seperti kue, martabak, coklat, atau mengkonsumsi gorengan, susu, minuman mengandung alkohol dan kafein. Namun sayangnya, itu gak selalu baik buat tubuh perempuan yang sedang menstruasi. Diantaranya bisa mengakibatkan rasa nyeri pada perut.

Maka dari itu, saat sedang haid, sebaiknya pintar-pintar lah dalam mengkonsumsi apapun yang masuk ke dalam perut. Ada beberapa minuman yang baik untuk dikonsumsi saat haid, bahkan bisa membantu meredakan rasa nyeri pada perut. Lalu, minuman seperti apa yang baik dikonsumsi saat haid? Intip ulasannya di bawah ini.

  1. Teh Hijau

Sumber: pinterest.com

Teh hijau bisa kamu nikmati untuk membantu mengatasi rasa nyeri saat datang haid. Selain aroma tehnya yang bikin tubuh lebih rileks, teh hijau juga mengandung antioksidan yang bisa mencegah radikal bebas yang membuat kesehatan tubuh terganggu. Jika mengkonsumsi teh hijau saat lagi datang bulan, maka tubuh akan tetap berfungsi dengan baik.

  1. Air Putih

Sumber: pinterest.com

Jangan salah, air putih juga bisa mengurangi rasa sakit pada perut akibat haid lho. Tubuh memungkinkan punya cairan yang cukup, sehat, dan dapat menjaga kondisi wanita pas lagi haid jika mengkonsumsi banyak air putih. Kamu juga bisa mengkonsumsi air putih hangat saat menstruasi sebab air hangat bisa membuat aliran darah ke kulit kamu meningkat dan bikin otot rahim yang keram terasa rileks.

  1. Teh Kayu Manis

Sumber: pinterest.com

Minuman dengan bahan dasar kayu manis sangat baik diminum pas lagi haid. Menurut penelitian Alexandria University, kayu manis bisa mengurangi rasa nyeri yang diderita pas datang bulan. Bukan cuma bisa ditambahkan sebagai bahan masakan, kayu manis juga bisa kamu jadikan teh buat dinikmati pas sore hari. Bahan alami ini bisa mengurangi nyeri, mual, muntah-muntah, hingga mengurangi perdarahan haid.

  1. Smoothies Sayuran dan Buah-Buahan

Sumber: pinterest.com

Daripada minum alkohol atau kopi pas lagi haid, mending pilih segelas smoothies sayuran dan buah. Minuman ini tentunya sangat baik diminum saat datang bulan, khususnya sayur atau buah yang mengandung vitamin C. Menggunakan buah yang memiliki kandungan vitamin C, seperti lemon atau jeruk dipercaya bisa membantu mengatasi rasa nyeri akibat haid sebab mengandung anti peradangan. Itulah sebabnya minum jus buah atau mengkonsumsi buah yang mengandung vitamin C sangat dianjurkan saat haid.

  1. Minuman dari Daun Ketapang

Sumber: pinterest.com

Rasa nyeri saat haid memang sangat menyiksa. Kalau kamu sering mengalami hal ini saat haid, kamu bisa mengatasinya dengan memanfaatkan beberapa daun ketapang. Kamu tentu harus mengolahnya menjadi minuman terlebih dahulu untuk bisa dikonsumsi. Daun ini memiliki kandungan antioksidan yang bisa membantu mengurangi rasa nyeri haid plus melancarkan menstruasi wanita.

  1. Kunyit

Sumber: pinterest.com

Kamu juga bisa memanfaatkan kunyit untuk mengatasi rasa nyeri akibat haid. Cobalah olah kunyit menjadi minuman dengan merebus kunyit terlebih dahulu. Kamu bisa menambahkan sedikit gula atau madu agar terasa lebih nikmat dan lezat untuk dikonsumsi nanti.

Meningkatkan mood saat sedang haid juga perlu dilakukan karena biasanya mood bakal berubah tiba-tiba. Menonton tayangan menghibur, melihat tanaman bunga keladi atau tanaman hijau juga bisa mengurangi tingkat stres yang dialami. Lakukanlah hal-hal yang memang bisa bikin mood kamu balik lagi. Dengan mencoba berbagai minuman di atas juga akan membantu meredakan rasa nyeri plus mengurangi mood yang buruk.

 

Leave a Reply