Teknik Mengganti Popok Bayi Yang Benar

Selain pakaian, botol susu, dan peralatan mandi, popok merupakan perlengkapan bayi baru lahir yang tidak boleh terlupakan. Baik itu popok kain atau sekali pakai (pospak), punya fungsi yang sama sebagai penampung urine atau feses bayi. Oleh karena itu,banyak ibu yang sepakat kalau popok si kecil harus sering-sering diganti, supaya buah hati Anda tetap bersih dan nyaman atau ibu bisa juga memberikan popok bayi terbaik untuk si kecil.

Kita mungkin bertanya Tanya. seberapa sering sebaiknya mengganti popok bayi dan bagaimana cara mengganti yang tepat?

1. Siapkan perlengkapan

Siapkan tempat untuk memakaikan popok buah hati Anda, misalnya meja khusus ganti popok. Kemudian siapkan 1 buah popok ganti, lap lembap atau tisu basah, handuk kering, body lotion bayi, dan lainnya.

Pastikan semua peralatan ini sudah siap sedia dekat jangkauan Anda. Untuk bayi baru lahir atau yang mengalami ruam popok, sebaiknya gunakan bola kapas yang dicelup air hangat.

Pastikan juga meja tempat Anda ganti popok sudah dialasi alas karet atau alas plastik sebelum menidurkan si kecil di sana.

Untuk memudahkan memasang popok baru, sebaiknya lepaskan baju bayi terlebih dahulu. Pakaikan lagi atau ganti dengan yang baru setelah selesai.

2. Cuci tangan

Sebelum menyentuh buah hati Anda, pastikan tangan sudah bersih dengan mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir. Kalau sedang bepergian dan tidak ada air dan sabun, bisa membersihkan tangan dengan tisu basah atau hand sanitizer.

3. Buka popok bayi yang kotor

Setelah cuci tangan, letakkan si kecil di atas alas ganti popok yang sudah disiapkan. Buka popok yang sudah kotor dan tarik ke bawah sedikit.

Saat mulai ganti popok, pastikan Anda sudah siap memegang kaki si kecil dengan satu tangan. Tangan ini bertugas untuk mengangkat kaki bayi agar ia tidak banyak bergerak.

Sementara itu, tangan Anda yang satunya melepas popok lama, membersihkan bokongnya, serta menyelipkan popok yang baru.]

4. Bersihkan bokong bayi

Angkat bokong bayi dari pergelangan kakinya agar Anda bisa menarik popok kotor dan segera lipat bagian depan popok agar kotorannya tidak menempel pada kulit bayi.

Untuk bayi laki-laki, Sebelum membersihkan bokongnya, Anda bisa tutup penisnya dengan lap bersih agar ia tidak mengencingi Anda selama sedang diganti popoknya.

Usapkan lap lembap atau tisu basah bayi mulai dari penis, buah zakar (testis), dan daerah sekitarnya sebelum akhirnya pindah ke pantat

Untuk bayi perempuan, bersihkan kotoran dari arah depan ke belakang untuk mengurangi risiko infeksi saluran kencing. Pasalnya anak perempuan rentan mengalami infeksi saluran kemih.

Jangan lupa untuk menyeka setiap lipatan dan kerutan kulit. Selanjutnya pakaikan lotion dan tepuk-tepuk pantat bayi hingga kering, jangan digosok.

Anda bisa pijat perut bayi sambil mengganti pospak agar si kecil merasa nyaman. Gunakanlah Popok Merries yang agar si kecil nyaman, karena popok ini memiliki permukaan lembut sehingga aman bagi kulit bayi.

 

Leave a Reply