Tips Belanja di Aliexpress yang Aman

Aliexpress adalah sebuah marketplace berskala internasional yang mayoritas menawarkan produk produk unik kretaif dan berharga ekonomis yang berasal dari China. Aliexpress merupakan anak usaha dari Alibaba group yang dibesarkan oleh sosok hebat bernama Jack ma.

Saat ini aliexpress mulai berkembang dengan menerima penjual dari beberapa negara seperti Turki, Rusia, Malta, dan lain lain. Jadi pilihan barang yang bisa kita beli dari sana juga semakin banyak.

Tertarik ingin membeli barang di aliexpress ?, berikut adalah beberapa tips belanja di aliexpress yang mungkin perlu anda perhatikan.

  1. Pilihlah seller yang memiliki reputasi bagus. Caranya perhatikan pada nama penjualnya. Nah disekitar nama penjual itu, kita akan menemukan beberapa symbol seperti bintang, emas dan berlian. Simbol symbol itu menunjukkan seberapa baik reputasi penjualnya. Hindari penjual yang memiliki reputasi kurang baik, atau masih baru dalam berbisnis di aliexpress, untuk menghindari hal hal yang tidak kita inginkan.
  2. Cek Deskripsi barang dengan baik. Ketika kita memutuskan membeli sebuah barang, Maka baca semua penjelasan yang diberikan penjual di deskripsi barang. Kolom deskripsi ini selain mengulas mengenai penjelasan barangnya, juga terdapat foto foto barangs ecara detail. Jika anda membeli barang elektronik, simak juga penjelasan mengenai kondisi barang, apakah baru atau bekas ?. Jika masih ragu, usahakan untuk menghubungi penjual dan menanyakan hal detail yang ingin anda ketahui.
  3. Cek “reputasi” barang yang dijual. Caranya, Ketika kita sudah menemukan barang yang ingin kita beli, silahkan cek feedback dari pembeli yang sebelumnya telah membeli barang tersebut. Feedback ini ada di bagian bawah description produk. Kita bisa menemukan feedback produk maupun feedback penjual di bagian ini.
  4. Jika ingin membeli dalam jumlah banyak atau lebih dari satu, usahakan kontak ke seller lebih dahulu, untuk mendapatkan potongan harga dan ongkos kirim. Di aliexpress kita bisa melakukan itu, dan pemngalaman saya, potongannya bisa cukup lumayan jumlahnya.
  5. Pilih metode pengiriman yang menggunakan Tracking number. Di aliexpress kita akan menemukan beberapa metode pengiriman yang ditawarkan oleh seller. Tidak semua metode pengiriman menyediakan tracking number. Metode pengiriman yang menyediakan tracking number adalah Pos Registered mail, Aliexpress standard shipping, dhl, fedex dll
  6. Pilih metode pembayaran yang mudah tetapi aman. Ada banyak metode pembayaran yang ditawarkan oleh aliexpress. Mulai dari kartu kredit, Kartu debit, melalui platform Doku, hingga melalui minimarket. Pengalaman saya selama ini, penggunaan kartu kredit adalah yang paling prakts, karena bersifat autoconfirm serta apabila terjadi refund, maka uang refund akan otomatis dikembalikan ke akun kita. Hindari pembayaran melalui minimarket, karena walaupun mudah dijangkai banyak orang, tetapi jika terjadi refund, akan sulit mengambil uangnya Kembali.
  7. Setelah berhasil membuat order, selalu pantau pesanan anda, baik melalui akun aliexpress, maupun melalui website perusahaan jasa titipan paket yang digunakan. Ini untuk memastikan bahwa barang terkirim dengan benar serta sampai ke tangan kita dengan baik. Hindari kejadi barang tidak terkirim atau hilang di perjalanan tanpa kita ketahui, sehingga kita bisa melakukan open dispute melalui aliexpress jika hal hal yang tidak kita inginkan, terjadi.
 

Leave a Reply