Sabun Cuci Piring Cream atau Cair Ya?

  • Dec 04, 2015
Mencuci Piring

Sabun cuci piring merupakan media yang digunakan untuk mencuci piring – piring kotor hingga peralatan atau wadah lainnya. di dalam sabun cuci piring terdapat zat yang mampu mengangkat kotoran sehingga piring menjadi bersih. Tambahan pewangi dalam sabun cuci piring pun membuat hasil cucin terasa lebih segar dan wangi.

Sabun cuci piring sendiri umumnya dapat dibuat sendiri karena cara buat sabun cuci piring itu sangat mudah jika anda sudah memiliki bahan – bahan yang dibutuhkannya.

Bahan tersebut dapat dibeli di toko – toko bahan kimia terdekat dan toko lain yang mampu menyediakan bahan pembuat sabun cuci piring. Secara singkat, cara membuat sabun cuci piring adalah dengan mencampur semua bahan yang diperlukan untuk kemudian menjadi sabun siap pakai.

Sabun cuci piring ada yang berbentuk cream ada juga yang berbentuk cair. Banyak orang yang cukup bingung untuk menentukan sabun mana yang tepat digunakan untuk mencuci piring. Sebenarnya, kedua jenis sabun ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing – masing, sehingga keduanya pun boleh anda pilih untuk dijadikan sabun terbaik.

Sabun cuci piring dalam bentuk cream memiliki tekstur yang mirip seperti mentega. Sabun cream ini sangat efektif untuk mencuci wadah atau piring dengan kotoran yang tebal dan banyak. Hal ini karena tekstur sabun cream dapat mengangkat kotoran dengan lebih cepat dan banyak. Sabun ini cocok untuk wadah atau piring yang memiliki kotoran lemak tebal atau kerak – kerak. Sedangkan, kelemahan dari sabun cuci piring cream adalah adanya kemungkinan sisa sabun yang tertinggal terutama di sudut – sudut wadah.

Sabun cuci piring cair merupakan jenis sabun yang paling banyak digunakan. teksturnya yang kental juga memungkinkan sabun ini mengankat kotoran cukup efektif. Selain itu, sabun cair memiliki busa lebih banyak sehingga membantu mengangkat kotoran lebih banyak juga.

Akan tetapi, penggunaan yang kurang bijak membuat sabun cair lebih cepat habis daripada sabun cream. kemudian, jika kotoran yang terdapat pada wadah sangat tebal dan banyak, maka sabun cair saja tidak cukup membantu. Terkadang anda perlu membersihkannya beberapa kali hingga wadah atau piring benar – benar bersih.