Yukusaha.id : Peluang Besar Budidaya Hidroponik yang semakin diminati

Saat ini budidaya menanam berbasis hidroponik semakin dilirik sebagai peluang usaha yang potensial. Hal tersebut dikarenakan media hidroponik bisa dilakukan dimana saja dan tidak membutuhkan lahan yang besar karena dengan media ini tidak perlu media tanah untuk menanam tetapi dengan media air sehingga sangat cocok dilakukan diperkotaan dan perumahan. Tidak hanya itu meningkatnya gaya hidup sehat di masyarakat dan meningkatnya kebutuhan akan sayuran dan buah-buahan terlebih lagi pada masa pandemic saat ini menjadikan hidroponik sebagai peluang usaha yang menjanjikan. Bagaimana menarik bukan ?

Untuk memulai menanam secara hidroponik, sebaiknya terlebih dahulu memahami apa itu hidroponik, media tanam hidroponik yang akan digunakan, sistem hidoponik yang akan dipakai, alat dan bahan hidroponik yang dibutuhkan, nutrisi hidroponik,serta sayuran atau buah-buahan yang akan ditanam. kamu dapat mempelajarinya di buku, grup, atau melalui internet. Setelah mengetahui berbagai hal tentang hidroponik, pastinya kamu sudah memiliki gambaran dan mulailah berani mencoba dengan menggunakan metode yang sederhana terlebih dahulu dengan menggunakan sistem wick karena mudah dan tidak membutuhkan biaya besar pastinya.

Menanam menggunakan media hidroponik juga memiliki keunggulan dan kelemahan, berikut ini keunggulan dan kelemhan media hidroponik yang kamu harus tahu.

Keunggulan media hidroponik

Keunggulan menanam secara hidroponik, antara lain:

  1. Bersih praktis dan efisien

Dengan budidaya secara hidroponik akan member kesan praktis,rapi dan efisien sehingga enak dilihat dan bersih. Berbeda dengan media tanah yang akan membutuhkan pupuk sehingga tidak bau dan kotor

  1. Tidak boros lahan

Bisa dilakukan dimana saja asalkan cukup cahaya, bias diteras atau di sudut-sudut rumah serta dapat dijadikan sebagai hiasan rumah.

  1. Lebih tahan hama

Karena dengan media air tanaman hidroponik menjadi lebih tahan terhadap hama dan penyakit.

  1. Pertumbuhan tanaman yang maksimal

Menanam secara hidroponik akan memaksimalkan penyerapan nutrisi yang diberikan karena dengan media air yang digunakan akar tanaman dapat menyerap air nutrisi dengan leluasa.

  1. Menghasilkan tanaman yang berkwalitas dan nilai jual tinggi

Karena tanaman yang di hasilkan tanpa pestisida sehingga lebih aman di konsumsi

  1. Permintaan yang cukup tinggi

Tingginya permintaan pasar akan sayuran dan buah-buahan pada masa pademi hasil dari hidroponik tidak lagi untuk kalangan menengah atas tetapi juga bias kita komsumsi sehari-hari

Kelemahan media hidroponik

Selain keunggulan, menanam secara hidroponik juga mempunyai kelemahan diantaranya yaitu:

  1. Modal awal yang cukup besar

Media hidroponik memerlukan modal saat memulai bercocok tanam diantaranya menyiapkan bibit, media tanam, merangkai sistem/instalasi yang akan dipakai, serta membeli nutrisi untuk airnya.

  1. Perlengkapan dan instalasi yang masi jarang ada

Walaupun sekarang sudah banya yang menyediakan tetapi tidak semua toko pertanian menyediakan berbagai kebutuhan alat dan bahan untuk sistem hidroponik.

  1. Perlu ekstra ketelitian

Menanam dengan hidroponik butuh ekstra ketelitian seperti mengontrol nutrisi dan PH atau tingkat keasaman air secara berkala. Serta pemberian nutrisi juga tidak asal-asalan sudah ada perhitungan tersendiri.

  1. Dibutuhkan keterampilan khusus

Tidak hanya hidroponik dengan media tanah pun di butuhkan keterampilan menanam seperti pembibitan, menyemaian perawatan sampai proses pemanenan.

Kunci sukses menanam dengan media hidroponik yaitu membutuhkan niat kesabaran dan ketelitian dan juga memastikan air sebagai media utama sangatlah penting seperti kadar asam (PH) nutrisi air, serta sinar matahari yang cukup akan menentukan kwalitas dan hasil tanaman.

 

Leave a Reply