Tempat Organ Jantung serta Anatominya

Mungkin Anda pernah bertanya dimana tempat organ jantung. Jantung menjadi organ yang sangat vital untuk tubuh manusia. Namun, walaupun organ jantung mempunyai peranan yang begitu penting, terkadang pengetahuan yang dimiliki manusia mengenai organ ini masih begitu terbatas.

Hal paling kecil seperti mengetahui lokasi jantung serta fungsi yang dimilikinya dianggap tidak begitu penting. Padahal, memahami lokasi beserta fungsinya menjadi hal penting agar bisa menjaga kesehatannya.

Dimana Tempat Organ Jantung Kita?

Bila terdapat pertanyaan dimana sesungguhnya lokasi dari organ jantung, kebanyakan pasti akan menjawab dada kiri. Sebenarnya lokasi dari organ ini tidak sesungguhnya di dada kiri. Lokasi jantung berada di antara paru-paru, yakni di dada bagian tengah tetapi sedikit bergeser ke arah kiri. Selain itu posisinya ada di belakang tulang dada.

Posisi organ jantung yang mengarah ke sebelah kiri diyakinkan dengan nyeri dada kiri yang sering dianggap sebagai gejala gangguan jantung. Tetapi, hal tersebut tidak bisa dijadikan sebuah patokan karena nyeri dada di sebelah kiri juga dapat ditangarai gangguan tubuh lainnya. Bagaimana dengan ukurannya?

Pada dasarnya, ukuran jantung antara satu orang dengan orang lain berbeda, biasanya ukurannya sekepalan tangan atau bisa sedikit lebih besar. Oleh sebab itu ketika ingin mengetahui ukuran organ jantung, Anda dapat mengepalkan tangan. Berat jantung sendiri kurang lebih 200 sampai 425 gram.

Anatomi Organ Jantung Manusia

Selain letak jantung, hal yang harus diketahui adalah anatominya. Berikut bagian dari organ jantung, antara lain:

  1. Pembuluh darah. Jantung memiliki tugas sebagai pemompa darah, sehingga pembuluh darah merupakan bagian yang tidak bisa dipisahkan. Ada 3 jenis pembuluh darah yakni vena, arteri serta kapiler. Arteri adalah pembuluh yang akan membawa darah bermuatan oksigen. Sedangkan vena merupakan pembuluh yang membawa darah dengan kandungan oksigen minim. Dan kapiler adalah pembuluh yang menghubungkan arteri kecil serta vena kecil.
  1. Bilik. Bilik berfungsi untuk memompa darah darah jantung. Bagian jantung ini terdiri dari kiri dan kanan. Bilik kanan memiliki tugas memompa darah yang kotor ke paru-paru dan kiri memiliki tugas memompa darah bersih hingga ke seluruh tubuh.
  1. Serambi. Serambi menjadi ruang penerima darah dalam jantung. Dua serambi di dalam jantung adalah kanan dan kiri. Serambi sebelah kanan bertugas untuk menerima darah kotor, dan serambi kiri bertugas menerima darah dari paru-paru.
  1. Perikardium. Perikardium memiliki fungsi menghasilkan cairan yang akan melumasi jantung saat berdenyut serta mencegah gesekan antara organ lain dan jantung.
  1. Katup. Jantung mempunyai 4 katup yang memiliki tugas mengendalikan aliran darah sehingga mengalir di satu arah saja.

Tips Merawat Organ Jantung

Selain mengetahui tempat organ jantung hingga bagiannya, kurang lengkap rasanya jika kita tidak membahas cara menjaga kesehatan jantung. Berikut tips untuk menjaga kesehatan jantung, antara lain:

  • Jaga kadar gula serta tekanan darah.
  • Pastikan selalu melakukan istirahat yang cukup, hindari pola hidup yang buruk seperti begadang hingga pagi.
  • Lakukan olahraga secara teratur. Meskipun hal ini terdengar sangat klise, namun nyatanya olahraga bisa membantu untuk mengurangi risiko terkena penyakit jantung.
  • Berhenti merokok dan mengkonsumsi minuman keras.
  • Usahakan selalu mengkonsumsi makanan yang tinggi serat dan sehat.

Menjaga kesehatan jantung bukan hanya dilakukan oleh kaum lansia saja, namun sejak muda kita harus terus menjaga kesehatan jantung, serta membekali diri dengan informasi seperti tempat organ jantung hingga bagiannya.

 

Leave a Reply