Bibir Anda Kering dan Pecah-Pecah? Berikut Solusinya

Setiap orang terutama kaum wanita tentunya ingin memiliki bibir yang lembab secara alami. Sebab dengan bibir yang sehat dan lembab tentunya akan terasa lebih nyaman dan lebih menarik untuk dilihat

Namun, kenyataannya ada sebagain orang yang justru mengalami bibir yang kering dan pecah-pecah. Tentunya hal ini bisa mengganggu penampilan seseorang. Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan bibir kering dan pecah-pecah. Diantaranya adalah kondisi ruangan, kondisi tubuh yang sedang mengalami penyakit tertentu, gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok dan minum minuman beralkohol, dan lain sebagainya.

Bibir kering dan pecah pecah ini menandakan bahwa kondisi bibir sedang kurang lembab. Terutama bibir tidak memiliki kelenjar minyak seperti kulita pada tubuh bagian lainnya, sehingga bibir tidak bisa melumasi diri sendiri.

Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah. Oleh karena itu, dalam tulisan kali ini akan memberikan informasi tentang cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah sebagai berikut ini :

  1. Berhenti Menjilat dan Menggigit Bibir

Pada saat bibir terasa kering, menjilat bibir mungkin menjadi solusi yang bisa dilakukan, namun cara ini justru dapat memperburuk keadaan. Karena pada saat air liur menguap di bibir, maka kondisi ini akan menjadikan bibir anda lebih kering. Maka dari itu, hentikanlah kebiasaan menjilat dan menggigit bibir.

  1. Hindari Menggigit Barang Yang Terbuat Dari Logam

Untuk mengatasi bibir kering, sebaiknya anda hindari menggigit barang yang terbuat dari logam. Perlu diketahui bahwa benda-benda seperti klip kertas, perhiasan, dan produk sehari-hari lainnya yang terbuat dari logam bisa mengiritasi bibir yang sudah sensitif.

  1. Meletakkan Humidifier di Rumah

Humidifier atau pelembab di kamar mampu membantu untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah, terutama ketika bernapas melalui mulut di malam hari.

  1. Gunakan Petroleum Jelly

Cara lainnya untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah adalah dengan menggunakan petroleum jelly. Yang mana, petroleum jelly ini bermanfaat untuk melindungi kadar cairan pada permukaan kulit. Dengan begitu, kulit akan terjaga kelembabannya serta membantu proses penyembuhan jika terjadi luka pada kulit tersebut. Cara mengaplikasikannya juga cukup mudah, anda cukup oleskan petroleum jelly pada bibir secara teratur.

  1. Hindari Bahan Alergen

Apabila bibir anda termasuk sensitif, maka hindari terpapar alergen yang bisa memicu timbulnya alergi. Dan salah satu contoh alergen tersebut adalah produk kosmetik yang mengandung zat pewangi atau bahan kimia tertentu.

  1. Hindari Kebiasaan Gonta Ganti Penggunaan Lipstik

Bagi anda yang suka menggunakan lipstik, maka hindari terlalu sering menggonta-ganti lipstik, terutama yang bersifat matte, karena bisa membuat bibir anda semakin kerin. Kalau perlu, anda bisa gunakan pelembab setiap sebelum dan sesudah menggunakan lipstik.

  1. Pastikan Tubuh Tetap Terhidrasi

Dalam hal ini, pastikan tubuh anda tetap terhidrasi supaya bibir dan kulit tetap lembab. Agar tubuh anda tetap terhidrasi, minumlah cukup air minimal 8-10 geas per hari yang dilengkapi dengan mengonsumsi buah-buahan serta sayur-sayuran yang mengandung serat dan cairan yang tinggi.

  1. Hindari Berada di Ruangan Ber AC Terlalu Lama

Agar bibir tidak kering dan pecah-pecah, maka sebaiknya hindari berada dalam ruangan ber-AC terlalu lama. Karena hal ini justru akan menimbulkan kondisi yang lebih kering, sehingga mempermudah bibir menjadi kering.

 

Leave a Reply