Berbagai Penyebab Gigi Kuning yang Jarang Diketahui

Ketika melihat gigi kuning, tingkat kepercayaan diri bisa langsung menurun. Pada dasarnya, kondisi ini disebabkan oleh beberapa hal seperti mengkonsumsi makanan tertentu hingga lalai menjaga kebersihan mulut dan gigi. Dengan pertambahan usia, lapisan enamel pada gigi menjadi semakin tipis. Lapisan dentin akhirnya menjadi semakin terlihat.

Bukan hanya itu, minuman dan makanan yang dikonsumsi sehari-hari akan mempercepat perubahan warna gigi. Adanya kandungan zat warna di dalam minuman dan makanan menjadi penyebab warna gigi berubah. Kandungan zat warna di dalam minuman dan makanan akan menyebabkan noda di lapisan enamel gigi. Tak hanya kandungan zat warna, tingkat keasaman makanan juga memberikan dampak.

Penyebab Gigi Kuning

Berikut beberapa hal yang dapat menyebabkan warna gigi berubah menjadi kuning, antara lain:

  1. Mengkonsumsi wine. Wine memiliki kandungan zat warna serta tanin. Kandungan ini mempunyai efek buruk, terutama sebagai penyebab warna gigi berubah menjadi kuning.
  2. Teh hitam dan kopi. Minuman seperti teh hitam dan kopi juga bisa menjadi penyebab. Kopi mempunyai sifat asam, sehingga mampu merusak gigi.
  3. Buah dengan warna terang. Buah dengan warna terang bisa meninggalkan noda pada gigi. Tak hanya buah, makanan yang berasal dari buah seperti kue dan jus juga memberikan potensi yang sama. Buah dengan warna terang seperti tomat, blackberry, anggur dan ceri.
  4. Sering mengkonsumsi minuman bersoda. Minuman bersoda dan berwarna-warni memiliki sifat asam serta kaya dengan kandungan kromogen, sehingga lebih cepat mengkuningkan gigi.
  5. Sering mengkonsumsi permen. Permen mengandung berbagai pewarna buatan dan bisa meninggalkan noda gigi. Lebih-lebih jika Anda mengkonsumsi permen dengan rutin. Ciri permen yang dapat meninggalkan noda gigi adalah ketika terlihat warna pada lidah setelah memakannya.
  6. Tidak menjaga kesehatan gigi. Jarang menyikat gigi dengan rutin dapat membuat gigi berubah warna. Kebiasaan menyikat gigi harus sering dilakukan sehingga sisa makanan serta minuman yang menempel bisa dibersihkan. Selain menyikat gigi, Anda juga harus melakukan flossing dengan ritin.
  7. Merokok dan mengunyah tembakau. Tak hanya merokok. Mengunyah tembakau juga dapat memberikan efek warna kuning pada gigi. Oleh sebab itu, jika sekarang ini Anda gemar menghisap rokok, lebih baik mulai menguranginya.

Tips Cegah Gigi Kuning

Berikut beberapa tips untuk mencegah gigi berubah warna menjadi kuning, antara lain:

  • Selalu menjaga kebersihan gigi. Bersihkan gigi dengan teratur, Anda bisa menyikat dan flossing sesudah makan. Tak hanya itu, pastikan untuk melakukan pemeriksaan rutin 6 bulan sekali ke dokter gigi.
  • Berkumur. Dibandingkan dengan menyikat gigi, lebih aman berkumur sesudah makan. Selain berkumur, Anda juga bisa mengunyah permen karet sehingga noda tak bertahan lama pada gigi.
  • Hindari mengkonsumsi minuman dan makanan yang menjadi penyebab gigi kuning. Untuk menghilangkan kebiasaan mengkonsumsi minuman dan makanan penyebab gigi menjadi kuning memang tak mudah. Namun, Anda dapat mencoba sedikit demi sedikit menguranginya. Contohnya, jika biasanya mengkonsumsi minuman bersoda, Anda bisa memilih mengkonsumsi air putih.

Namun, bagaimana jika warna gigi sudah terlanjur berubah menjadi kuning? Bila perubahan warna gigi telah terjadi, Anda dapat mengkonsultasikannya pada dokter, nantinya dokter akan menginformasikan teknik untuk merawat gigi, selain itu hindari mengkonsumsi minuman dan makanan yang menjadi penyebab perubahan warna gigi. Anda juga dapat melakukan proses pemutihan gigi dengan bantuan dokter. Rutin bersihkan gigi dan mulut dan lakukan konsultasi ke dokter.

 

Leave a Reply