Seberapa Bahayakah Diabetes?

Diabetes melillitus adalah suatu kondisi peningkatan gula darah yang disebabkan oleh gangguan insulin atau gangguan produksi lain. Diabetes sendiri sebenarnya dibagi menjadi dua tipe, yaitu diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2.

Pada diabetes tipe 1, ditandai dengan terjadinya kerusakan dari organ pankreas, sehingga insulin tidak dapat diproduksi sma sekali. Organ pankreas berfungsi sebagai organ yang memproduksi insulin. Insulin berfungsi sebagai pengatur kadar dalam darah pada tubuh manusia. Kenaikan gula dalam darah terjadinya, karena pankreas tidak berfungsi sebagaimana mestinya, sehingga tidak terjadinya proses penyerapan gula darah dalam tubuh.

Sedangkan pada diabetes tipe 2 terjadi mekanisme yang berbeda. Pankreas pada tipe diabetes ini mampu mengolah insulin, tetapi karena ada suatu sebab seperti kegemukan, atau faktor yang lainnya maka terjadi resitensi insulin, sehingga respon gula darah terhadap insulin menjadi buruk. Resistensi insulin ini membuat pankreas harus bekerja lebih keras dalam menghasilkan insulin dalam jumlah yang lebih banyak, sehingga kemudian pankreas tidak dapat lagi meproduksi insulin dalam jumlah yang dibutuhkan.

Gejala awal yang dirasakan penderita diabetes ditandai dengan seringya merasa haus dan dehidrasi padahal sudah minum air sesuai kebutuhan. Gejala ini disebabkan oleh peningkatan gula darah, sehingga penderita tetap akan merasa haus meskipun minum air sepanjang hari. Tanda gejala yang kedua adalah sering buang air kecil pada malam hari, hal ini disebbakan karena tubuh tidak dapat menyerap gula darah sehingga tubuh harus mengeluarkan kelebihan gula darah yang tidak terserap.

Dua tanda gejala tersebut merupakan tanda gejala yang paling umum sebelum penderita diabetes mengalami komplikasi. Gejala tahap lanjut, ditandai dengan penurunan berat badan meskipun makan banyak, serta munculnya gejela komplikasi seperti luka pada kaki dan tangan yang tidak kunjung sembuh, terjadi pembengkakan pada tangandan kaki, mata kabur saat memandang, terjadinya kesemutan pada ujung tangan dan kaki.

Komplikasi yang terjadi pada penderita diabetes bahkan dapat menyebabkan penderita hars melakukan amputasi agar luka tidak menjalar ke bagian tubuh yang lain. Sungguh menakutkan bukan?, penyakit diabetes merupakan salah satu penyakit yang mematikan di dunia.

Agar terhindar dari penyakit ini Anda dapat melalukan olahraga yang teratur, mengatur pola makan sesuai kebutuhan kalori agar berat badan tetap ideal. Bagi Anda yang sudah menderita penyakit ini, Anda tetap dapat mengkonsumsi makanan manis tetapi tidak berlebihan, tetap konsultasikan kepada dokter pola makan, pola diet dan pola olahraga.

Penyakit diabetes sendiri dapat diobati dengan melakukan terapi insulin, serta dengan terapi herbal agar gula darah tetap terkontrol. Salah satu obat herbal yang diklaim dapat menurunkan gula darah tanpa rasa lemas adalah kolagit. Kolagit sendiri merupakan singkatan dari Kopi Gula Gita. Obat herbal satu ini dibuat dari tebu, sehingga bagi yang gemar minum kopi, Anda dapat mengganti kopi gula dengan kolagit.

 

Leave a Reply