Bosan Belajar di Rumah? Coba Tips Ini Agar Mood Belajar Meningkat!

Merasa bosan dan capek dalam belajar pasti pernah dirasakan setiap orang. Belajar memang tidak selalu menyenangkan. Namun disisi lain belajar adalah kewajiban yang perlu dipenuhi agar bisa mendapatkan nilai bagus dan memperluas pengetahuan. Jika mood belajar kamu sedang turun saat harus belajar di rumah, jangan dibiarkan hingga berlarut-larut. Ada banyak cara untuk meningkatkan kembali mood belajar yang bisa kamu lakukan. Cobalah buat lingkungan belajar yang kondusif karena ini akan membuat belajar kamu jadi lebih efektif. Bingung bagaimana melakukannya? Tinggal simak saja sejumlah tips di bawah ini!

  1. Ajak Teman buat Belajar Bersama

Sumber: pinterest.com

Belajar di sekolah atau di kampus akan lebih menyenangkan karena dilakukan bersama teman-teman. Meski begitu, kamu juga tetap bisa belajar dengan mereka di rumah. Kamu bisa mengajaknya belajar bersama di rumahmu. Namun, jika kondisi tidak memungkinkan kalian bertemu. Apalagi di kondisi pandemi saat ini, jangan khawatir. Karena kamu bisa mengajaknya belajar bersama dengan melakukan video call. Kamu bisa mengajak mereka untuk sharing mengenai pelajaran yang kurang dimengerti, tapi dimengerti oleh temanmu. Lebih asyik lagi kalau teman kamu enak buat diajak ngobrol, biar gak gampang bosan.

  1. Mendengarkan Musik

Untuk membuat mood belajar tetap terjaga dengan baik, cobalah untuk mendengarkan musik yang bisa memacu semangatmu. Mendengarkan alunan musik bisa membuat pikiran jadi lebih rileks sehingga tidak mudah bad mood saat harus belajar di rumah. Oleh karena itu, sebelum melakukan kegiatan belajar di rumah. Siapkan dulu playlist lagu buat meningkatkan semangat kamu!

  1. Buat Tubuh dan Pikiran Terasa Rileks

Mood mendadak turun drastis saat belajar di rumah? Jangan paksakan diri, gengs. Tenangkan dan rehatkan dulu diri sejenak. Kamu bisa merilekskan tubuh dan pikiran dengan melakukan hal-hal yang bikin rileks. Misalnya mengatur napas, tidur sejenak, mendengarkan musik, bermain dengan hewan peliharaan, atau menonton tayangan yang menghibur. Lakukanlah sesuatu hal yang dapat membuat kamu merasa santai dan rileks sebelum memulai belajar kembali.

  1. Siapkan Cemilan dan Minuman

Sumber: pinterest.com

Belajar sambil ditemani dengan cookies favorit dan secangkir coklat panas kelihatannya nikmat, ya? Selain itu, mengkonsumsi makanan dan minuman kesukaan juga bisa membuat mood lebih terjaga. Nah, biar kegiatan belajar kamu makin semangat, jangan lupa siapkan dulu cemilan dan minuman favorit kamu di atas meja belajar. Tapi, jangan mengkonsumsinya berlebihan karena nantinya malah bikin kamu ngantuk.

  1. Ciptakan Ruang Belajar yang Nyaman dan Tidak Membosankan

Belajar akan semakin betah kalau ruang belajarnya tampak bersih dan tidak monoton. So, buatlah ruang belajar yang nyaman dan terlihat lebih fresh dari biasanya. Kamu bisa memulainya dengan membersihkan ruang belajar, apakah ada sampah yang tergeletak di sana? Tata barang-barang yang ada di ruang belajar kamu. Seperti menyimpan alat tulis di tempat khusus, buku-buku belajar di rak tertentu hingga membersihkan printer Epson I120 milikmu dari debu membandel.

Untuk membuat ruangan tampak lebih fresh, kamu bisa menambahkan sedikit dekorasi-dekorasi pada ruang belajar, misalnya tanaman hias, foto-foto polaroid dan lain sebagainya. Oh iya, pastikan juga sirkulasi udara di ruang belajar kamu terjaga dengan baik. Kalau sudah begini, belajarnya pasti bakalan betah!

  1. Selalu Ingat Tujuan Kamu!

Kalau kamu punya goal dan target yang mau dicapai, selalu ingatlah itu dan jadikan motivasi supaya kamu semangat terus buat belajar. Pikirkan sesuatu hal yang positif di masa mendatang yang bisa kamu dapatkan dengan giat belajar. Seperti berhasil masuk ke perguruan tinggi impianmu dan imajinasikan ekspresi bangga orang tua kamu terhadap hal yang dicapai agar makin termotivasi.

Ya, meski belajar gak selalu mengasyikan, namun sudah seharusnya kamu melakukan cara-cara untuk mengembalikan mood biar semangat belajar dan tidak menyesal suatu saat nanti. Semoga membantu!

 

Leave a Reply