2 Jenis Eksim Kulit Paling Umum dan Pengobatan yang Tepat

Apakah Anda pernah mengalami alergi kulit? Bisa jadi itu adalah, salah satu jenis eksim kulit yang sedang menyerang. Penyakit ini bisa dialami oleh siapa saja, terutama orang dewasa dan anak-anak.

Banyak yang jadi penyebab terjadinya eksim, seperti kondisi genetik seseorang hingga efek jamur atau bakteri yang menyerang bagian kulit. Bahkan, pada beberapa kondisi ada yang menjadi penyakit menahun yang dapat kambuh kapan saja. Sehingga menyebabkan penderitanya, harus menjalani pengobatan rutin dan konsumsi obat tertentu.

Bagaimana mengenali adanya eksim? Sangat mudah, diawali dengan peradangan yang terjadi di permukaan kulit. Kemudian akan berlanjut pada kondisi tertentu, sesuai dengan jenis eksim yang terjadi. Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa simak informasi di bawah ini.

Eksim Kering dan Pengobatannya

Penyebab dari eksim jenis kering ini diantaranya adalah, ketika seseorang memiliki riwayat asma, stres yang berlebihan. Bisa juga saat berada di area yang dingin, atau faktor genetika yang menyebabkan bagian kulit seseorang sensitif. Lantas bagaimana ciri-cirinya?

  • Kulit terasa sangat kering, sehingga terkadang perih dan membuat tidak nyaman saat beraktivitas
  • Gatal pada area eksim tidak tertahankan, kebanyakan orang akan menggarung area gatal tersebut sehingga menimbulkan luka
  • Ada ruam merah akibat gatal, terutama setelah digaruk
  • Menyerang beberapa bagian tubuh yang rentan lembab, seperti leher, siku, lutut, kelopak mata

Apa yang harus dilakukan, jika ciri tersebut terjadi pada tubuh Anda? Jangan khawatir, ada cara mudah untuk mengobatinya tanpa butuh biaya mahal dan waktu yang lama. Yaitu, dengan rajin menggunakan pelembab kulit khusus untuk jenis kulit kering atau pecah-pecah.

Pastikan pelembab tersebut, mengandung anti alergi, yang akan membantu meredakan eksim pada kulit. Anda bisa mengecek kandungan hypoallergenic tersebut, pada kemasan pelembab, jika ada maka bisa dipilih sebagai pengobatan eksim.

Selain itu, selama pengobatan tersebut dilakukan usahakan untuk tidak menggaruk area eksim menggunakan tangan atau media apapun. Agar kondisinya tidak bertambah parah, yang hanya akan memperlama proses penyembuhan.

Eksim Basah dan Pengobatannya

Perbedaan mencolok eksim jenis basah ini dengan kering adalah, pada ciri-ciri bagian kulit yang mengalami eksim. Jika Anda mengalami eksim basah, maka cirinya adalah:

  • Terdapat luka basah pada permukaan kulit, yang menyebabkan kulit memerah dan lembab di area tersebut.
  • Bagian eksim akan mengeluarkan nanah ,berupa cairan berwarna kekuningan yang berisi kuman. Kondisi ini akan dialami jika eksim sudah masuk pada tingkat cukup parah.
  • Semakin digaruk, eksim akan semakin melebar dan mengeluarkan cairan

Biasanya penyebab dari eksim ini, berhubungan dengan penyakit penyerta. Seperti infeksi pada kulit, masalah daya tahan tubuh, penularan dari penderita eksim lain, atau ulkus yang dialami pasien.

Untuk mengobatinya, Anda butuh menerapkan pola hidup yang sehat termasuk cara membersihkan diri dengan menggunakan sabun yang tepat. Selain itu, jangan mengabaikan ketika gejala eksim sudah terlihat. Usahakan untuk tidak menunggu hingga parah, hanya akan membuat Anda semakin sulit menyembuhkannya.

Sabun yang bisa dipilih adalah, sabun yang menganduk antiseptik dan anti bakteri sehingga permukaan kulit jadi lebih bersih dan sehat. Pastikan untuk mandi minimal dua kali sehari, yaitu di pagi dan sore hari. Tapi, jika aktivitas terlalu padat maka Anda bisa mandi lebih sering agar tubuh selalu bersih.

Itulah penjelasan yang sangat penting untuk diketahui seputar eksim kulit. Ternyata ada dua jenis eksim tersebut, dengan ciri yang berbeda. Jika Anda mengalaminya, kenali jenisnya agar pengobatan yang dilakukan bisa benar-benar tepat.

 

Leave a Reply