5 Ilmu Psikologi yang Wajib Calon Mahasiswa Ketahui

Sebagai calon mahasiswa psikologi seberapa kenal Anda terhadap ilmu psikologi? Ilmu psikologi tidak selalu membahs mengenai tingkah laku kepbibadian manusia tetapi ada bnyak sekali disiplin ilmu yang harus Anda pelajari ketika mengenyam pendidikan di kampus psikologi. Seringkali kalangan di masyarakat salah beropini bahwa lulusan juruan psikologi disebut sebagai psikolog. Tidak semua lulusan jurusan psikologi berhak untuk mendapatkan gelar psikolog. Untuk menambah referensi ilmu, Anda dapat belajar melalui kampuspsikologi.com.

Sebelum Anda menjadi mahasiswa di kampus psikologi, sebaiknya Anda tahu terlebih dahulu secara umumtentang pembagian ilmu psikologi. Beikut adalah pembagaian umum ilmu psikologi yang wajib diketahui calon mahasiwa.

  1. Psikologi Klinis

Psikologi klinis merupakan cabang ilmu psikologi yang sangat diminati. Cabang ilmu ini mendlami tentag perilaku manusia secara mendalam dan detail. Seorang psikolog klinis bertugas menangani beragam kondisi mental setiap individu, mulai dari masalah insecure sampai dengan tahap psikopat.

Untuk menjadi seorang psikolog klinis, Anda harus melanjutkan kuliah ke jenjang Magister dan mengambil profesi. Psikolog klinis bekerja seperti paramedis tetapi tidak diizinkan untuk memberikan pelayanan penggunaan obat karena hanya Psikiater yang berlatar belakang kedokteran yang diizinkan memberikan obat.

  1. Psikologi Sosial

Semua manusia yang diciptakan adalah makhluk sosial, saling membutuhkan satu sama lain. Maka sangat diperlukan ilmu psikologi sosial dalam kehidupan bermasyarakat. Bidang yang dikaji dalam ilmu ini adalah resolusi konflik, psikologi pada masyrakat, dan masih banyak lainnya. Tugas psikolog sosial dalam bidang ini memiliki gas untuk meneliti, mempelajara, menganalisa perilaku serta pola pikir dari suatu kelompok di masyarakat.

  1. Psikologi Pendidikan

Psikologi pendidikan bertugas mendalami kapastas mental pada usia tertentu pada individu. Ilmu yang dipelajari hamper sama dengan psikologi perkembangan, tetapi pesilogi Pendidikan lebih focus pada cara pendekatan dan metode Pendidikan yang sesuai dengan usia dan populasi. Contohnya, kebutuhan, belajar siswa di perkotaan berbeda dengan kebutuhan siswa di pedesaan. Jadi pendekatan cara belajarnya juga berbeda.

  1. Psikologi perkembangan

Psikologi perkembangan adalah psikologi yang mempelajari perkembangan mental manusia sejak dari usia kanak-kanak sampai pada usia senja. Setiap perkembangan usia tentu banyak hal-hal yang menarik untuk dikaji. Pada disiplin ilmu ini Anda akan diajarkan tentang perkembangan balita, usia remaja, Pendidikan anak yang baik, dan sebagainya.

  1. Psikologi Industri dan Organisasi

Dalam ilmu psikologi industry dan organisasi, Anda lebih banyak diajarkan tentang manajemen sumber daya manusia dan bidang human resource dalam dunia pekerjaan. Ilmu ini sangat tepat untuk menangani konflik internal pada perusahanan, hubungan kerja sama antar departemen, komunikasi antar karyawan ataupun tim kerja, hubungan antara bos dan karyawan, dan lain sebagainya. Sehingga sangat membantu mengurangi dan menghindari kerugian bagi suatu perusahaan.

Setelah mengetahui pembahasan ilmu psikologi diatas, ilmu psikologi dalam lingkup apakah yang Anda minati? Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi para calon mahasiswa.

 

Leave a Reply