5 Cara Olahraga atau Latihan Fisik Untuk Pekerja yang Sibuk

Tidak banyak yang mengetahui bahwa olahraga merupakan salah satu hal terpenting dalam hidup. Banyak orang cenderung sibuk dengan aktifitas kantor dan lupa untuk latihan fisik, sehingga cenderung lemas dan lesu. Olahraga dapat meningkatkan stamina tubuh jika dilakukan dengan tepat.

5 Manfaat Olahraga Bagi Tubuh Kita

Tubuh dapat mengalami kelelahan baik mental maupun fisik dan salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan olahraga. Berikut ini manfaat olahraga atau latihan fisik untuk tubuh kita :

  1. Terhindar dari resiko penyakit berat

Ada banyak penyakit berat mengintai tubuh kita jika tidak rutin melakukan olahraga. Beberapa penyakit berat yang bisa mengganggu tubuh kita :

  1. Diabetes
  2. Hipertensi
  3. Jantung
  4. Radang sendi

Jika kita rutin melakukan olahraga, maka kita akan terhindar dari penyakit – penyakit di atas.

  1. Tubuh ideal

Manfaat yang berikutnya adalah kita akan memiliki tubuh yang ideal. Yang dimaksud dengan tubuh ideal adalah tubuh yang tidak memiliki banyak lemak. Bonus manfaat dari olahraga yang bisa kita dapatkan selain dari tubuh ideal adalah tubuh yang berotot. Tentu hal ini dapat semakin meningkatkan kepercayaan diri kita.

  1. Jantung sehat

Jika jantung sering kita latih dengan olahraga kardio maka otot dinding jantung akan lebih kuat dan pembuluh darah juga menjadi lebih elastis sehingga terhindar dari resiko penyakit jantung.

  1. Tidur menjadi berkualitas

Kualitas tidur akan meningkat karena tubuh merasakan lelah. Lelah tubuh setelah berolahraga berbeda dengan lelah setelah bekerja. Lelah setelah berolahraga tubuh mengeluarkan keringat sehingga racun dalam tubuh ikut keluar bersama keringat. Oleh karena itu meski lelah berolahraga, tidur akan semakin lelap. Dan setelah bangun tubuh akan segar karena racun hilang dan tubuh sudah beristirahat.

  1. Tidak mudah stress

Ternyata olahraga berhubungan dengan psikologis kita. Jika kita berolahraga maka kita akan terhindar dari stress. Logikanya adalah saat berolahraga, tubuh kita menghasilkan hormon norepinephrin. Hormon ini berfungsi sebagai pereda stress sehingga semakin kita sering dan aktif olahraga maka kita akan semakin jauh dari terkena stress.

5 Cara Olahraga Untuk Karyawan Yang Sibuk

Jika kita sering lembur saat bekerja atau waktu sudah habis di jalan tidak perlu khawatir. Kita tetap bisa kok berolahraga, berikut ini 5 cara olahraga untuk karyawan yang sibuk :

  1. Jika kita sedang berada di kantor dengan aktifitas padat dan duduk lama, maka ini saatnya kita melatih otot perut. Caranya adalah dengan berpegangan pada pegangan kursi, kemudian tekuk lutut hingga menyentuh perut. Olahraga ini berfungsi untuk mengencangkan otot perut.
  2. Jika di kantor kita ada tangga, maka gunakanlah tangga untuk kita naik turun. Jangan gunakan lift, cara ini dapat digunakan untuk melatih jantung. Latihan naik turun tangga ini mirip seperti berlari, karena itu dapat melatih jantung.
  3. Jika kita berada di ruangan yang cukup luas dan ada bangku kosong atau meja. Kita dapat melakukan latihan push up untuk melatih otot dada kita. Gunakan waktu luang untuk cara yang satu ini. Mungkin waktunya pulang atau saat waktu makan siang, cukup lakukan sebentar saja sekitar 3 x 10 cukup.
  4. Selain ketiga cara di atas tadi, kita juga bisa melakukan angkat beban menggunakan buku atau galon di pantri. Jangan khawatir akan bau badan karena keringat, karena sudah ada Rexona yang siap menemani kita kapanpun.
  5. Saat kita pulang, jika memungkinkan naiklah angkutan umum. Dari kantor kita bisa berlari kecil ke tempat pemberhentian angkutan umum.

Itulah tadi informasi mengenai cara olahraga atau latihan fisik untuk orang yang sibuk bekerja. Jangan biarkan tubuh kita tidak fit karena kurang olahraga dan jangan takut berkeringat karena Rexona siap menemani kita agar tidak bau badan.

 

Leave a Reply