Deretan Makanan Baik untuk Jantung Manusia

Pada dasarnya, ada berbagai macam cara yang dapat kita lakukan untuk menjaga kesehatan jantung. Contohnya saja seperti melakukan gaya hidup yang lebih sehat dengan mengkonsumsi makanan sehat, utamanya makanan baik untuk jantung manusia. Bila membicarakan mengenai makanan sehat, jawabannya ada pada fitonutrien.

Fitonutrien merupakan senyawa alami yang berada di dalam buah dan sayur. Kandungan ini bermanfaat untuk menyehatkan jantung serta membantu jantung bekerja secara optimal. Untuk tumbuhan sendiri, fitronutrien memiliki manfaat sebagai pelindung dari jamur, hama dan kuman. Sedangkan, untuk manusia fitronutrien bisa membantu tubuh bekerja lebih baik.

Agar lebih mudah memilih makanan, berikut beberapa jenis makanan yang mengandung fitonutrien, antara lain:

  1. Teh hijau

Mengkonsumsi teh hijau secara rutin disebut dapat menurunkan risiko terjadinya serangan jantung serta stroke. Tetapi, hindari mengkonsumsi teh hijau dengan berlebihan karena bisa meningkatkan risiko batu ginjal. Jika Anda ingin mengkonsumsi teh hijau setiap hari, barengi dengan konsumsi air putih yang cukup.

  1. Bawang putih

Agar kesehatan jantung terjaga, tekanan darah harus terus normal. Ini berarti, Anda harus membatasi konsumsi garam karena bisa meningkatkan tekanan darah. Selain membatasi asupan garam, bawang putih juga dapat menjadi solusi, bawang putih dapat menjadi penambah rasa gurih ketika Anda harus membatasi konsumsi garam.

  1. Anggur

Makanan baik untuk jantung manusia yang lainnya adalah anggur. Anggur bisa menjadi pencegah hipertensi dan berujung pada penyakit jantung. Buah anggur mempunyai kandungan flavonoid serta serat yang sangat baik untuk mencegah kerusakan jantung.

  1. Apel

Buah apel mampu mengurangi kadar kolesterol di dalam tubuh serta membantu mengatur gula darah, sehingga dapat mengurangi risiko kemunculan penyakit jantung. Tak hanya itu, apel juga memiliki kandungan fitonutrien yang sangat baik bagi jantung. Senyawa tersebut adalah zat yang membantu menurunkan darah tinggi.

  1. Biji-bijian utuh

Biji-bijian seperti beras merah, dan hagung bisa menurunkan risiko penyakit diabetes, obesitas dan jantung. Biji-bijian mempunyai kandungan serat, protein, antioksidan, mineral, vitamin B hingga magnesium.

  1. Kacang

Kacang menjadi makanan dengan kandungan fitonutrien tinggi. Tak hanya itu, kacang kaya kandungan air dan serat, sehingga bisa membuat Anda menjadi lebih cepat kenyang. Dengan lebih cepat kenyang, Anda bisa mengurangi konsumsi kalori. Selain itu kacang juga memiliki kandungan antioksidan yang akan mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas.

  1. Jeruk

Jeruk mempunyai kandungan pektin yang bisa mencegah stroke iskemik. Selain itu, kandungan flavonoid yang berada di dalam buah jeruk bisa menurunkan tekanan darah dan peradangan arteri. Jeruk juga memiliki kandungan hesperidin, sehingga dapat meningkatkan aliran darah ke jantung.

Selain mengkonsumsi berbagai makanan baik untuk jantung manusia di atas, Anda juga harus melakukan olahraga secara teratur. Karena, makanan di atas tak menjamin Anda bebas dari risiko penyakit jantung. Jadi, pastikan imbangi dengan pola hidup yang sehat.

 

Leave a Reply