Mengenal Jenis dan Kegunaan Layanan Fiber Optic

Jakarta, ternyata juga merupakan kota yang terbesar di Indonesia oleh karena itu diperlukan jaringan internet fiber optic yang terbukti lebih cepat daripada dari koneksi kabel maupun DSL. Dapat dikatakan, bahwa kota Jakarta memiliki pertumbuhan ekonomi yang sangat pesat. Hal itu didukung dengan adanya berbagai kegiatan industri seperti perdagangan, jasa, keuangan, properti, dan masih banyak lainnya.

Sehubungan dengan padatnya kegiatan industrinya, tentunya warga Jakarta bahkan kota lainnya memerlukan jaringan internet yang cepat. Jadi penting sekali menggunakan jaringan internet yang mampu meng-cover kondisi tersebut. Selain itu, salah satu kelebihan dari jaringan fiber optic yaitu akan tetap handal ketika terjadi pemadaman listrik.

Jenis-jenis Layanan Fiber Optic

Setelah mengetahui kekuatan fiber optic, pastinya Anda ingin segera menggunakannya untuk perusahaan. Namun, sebelum menggunakannya pastikan Anda mengetahui jenis-jenis dari fiber optic.Berdasarkan mode transmisinya, fiber optic dibedakan menjadi dua, yaitu:

  • Fiber Optik Single Mode

Jenis yang satu ini memiliki kabel jaringan bertransmisi tunggal. Dengan begitu, jenis jaringan ini hanya dapat menyebarkan cahaya melalui satu inti dalam suatu waktu. Jenis single mode ini memiliki inti yang berukuran kecil dengan diameter 9 mikrometer. Inti tersebut berfungsi untuk mentransmisikan gelombang cahaya dari sinar inframerah dengan panjang gelombang antara 1.300 sampai 1.550 nanometer.

  • Fiber Optik Multimode

Yang kedua, ada fiber optik multimode yang mampu mentransmisikan banyak cahaya dalam waktu yang bersamaan. Hal ini dikarenakan kabel ini memiliki ukuran inti yang besar dan memiliki diameter 625 mikrometer.

Biasanya, jenis kabel ini digunakan untuk kepentingan komersial yang umumnya diakses oleh orang dalam jumlah yang banyak. Jenis kabel ini dapat mengirimkan sinar inframerah dengan panjang antara 850 sampai 1.300 nanometer.

Kegunaan Layanan Fiber Optic

Fiber optik ini memiliki kegunaan utamanya adalah untuk menghubungkan jaringan-jaringan komputer. Sebenarnya, fungsi ini sama dengan fungsi dari jenis kabel pada umumnya. Hanya saja kabel ini memiliki beberapa keistimewaan yang membuatnya berbeda dari kabel lain. Jenis kabel fiber optik mendukung kecepatan pengiriman data sehingga kabel ini jauh lebih unggul dibandingkan dengan jenis-jenis lainnya.

Selain itu, kabel ini juga tak memiliki arus listrik. Hal itulah yang membuat kabel ini tidak dapat mengalami gangguan elektromagnetik dan tetap handal meskipun sedang mati listrik. Hal itulah yang membuat kabel ini sangat diminati oleh berbagai perusahaan operator telekomunikasi maupun jenis industri lainnya karena dapat mendukung perkembangan IT perusahaannya.

Selain membutuhkan jaringan internet yang handal, kota sebesar Jakarta juga memerlukan keseluruhan infrastruktur IT yang tangguh. Untuk memenuhi hal tersebut, Hypernet sebagai perusahaan Managed Service Provider hadir untuk memenuhi kebutuhan IT kita semua.

Bukan hanya fiber optic, Hypernet juga menyediakan berbagai macam pilihan sambungan internet. Dengan begitu, pelanggan dapat memilih sambungan internet yang diinginkan sesuai dengan kebutuhan. Sejauh ini pun, Hypernet telah dipercaya oleh lebih dari 2.000 perusahaan klien untuk mengembangkan jaringan internetnya. Untuk informasi lebih lengkapnya bisa langsung cek di https://hypernet.co.id.

 

Leave a Reply