Peluncuran Nissan Livina XR 2008

Kelas mini MPV menjadi kelas yang paling subur di pasar otomotif Indonesia. Tak ayal sebagian ATPM menempatkan setidaknya satu produk untuk meraup penghasilan di kelas ini. Nah, PT Nissan Motor Indonesia (NMI) juga tak mau ketinggalan berebut kue gemuknya pasar di ini. Jumat pekan lalu, bertempat di lima lokasi sekaligus di Jakarta, NMI meluncurkan varian terbarunya Nissan Livina XR 2008. “Masuknya Nissan ke segmen hatchback menambah variasi produk Nissan serta memperkuat penetrasi Nissan di pasar otomotif Indonesia,” kata Norio Ota Presiden Direktur NMI.

Dilihat dari tampilan, Livina tak ada bedanya dengan Grand Livina (GL) yang dilansir bulan April 2007 lalu. Dari depan hingga ke belakang 100% sama. Bisa dibilang inilah Grand Livina versi pendek. Livina XR 2008 memang memiliki misi berbeda dibandingkan saudara tuanya. Sesuai dengan embel-embel hatchback, Livina XR 2008 hanya menyediakan dua baris tempat duduk untuk lima penumpang, satu baris atau dua orang lebih sedikit dari kapasitas versi terdahulu.

Dari sisi mesin, Livina XR 2008 hanya tersedia satu varian yaitu 1.5 liter. Versi sebelumnya selain varian mesin 1.5 liter juga tersedia varian 1.8 liter. Pengkhususan mesin 1.5 liter untuk Livina XR 2008 ini memang didasarkan pada kecocokan dengan bodinya yang lebih pendek. Pangsa pasarnya pun berbeda. Grand Livina lebih ditujukan sebagai mobil keluarga. Sementara Livina XR 2008 ditujukan bagi orang muda yang aktif, dinamis, energik dan senang mengekspresikan diri. Untuk versi Livina XR 2008, Nissan menyediakan dua varian berdasarkan jenis transmisi. Untuk transmisi manual (M/T) lima percepatan dibanderol Rp 140,5 juta dan otomatis (A/T) empat percepatan dilego Rp 148,5 juta.

Persoalannya seberapa mampu Livina XR 2008 menggeser pesaing-pesaingnya? Pasalnya pasar segmen ini sudah cukup padat. Sebelumnya sudah ada Honda Jazz, Toyota Yaris, Suzuki Swift, Hyundai Getz, dan Daihatsu Sirion. Tapi Teddy Irawan, Deputy Director Sales and Marketing NMI mengatakan Livina XR 2008 punya keunggulan dibandingkan saingannya di kelas ini yaitu ruang kabin yang lebih lega dan bagasi yang lebih luas. Jika dibandingkan Grand Livina, versi terbaru ini lebih pendek 24,5 sentimeter dan dari sisi tinggi Livina lebih pendek 0,5 sentimeter.

Tapi tetap saja dengan panjang total 4175 mm, Livina XR 2008 menjadi satu-satunya di kelas ini yang punya panjang bodi lebih dari 4000 mm. Kelegaan makin bertambah karena penghilangan satu baris bangku paling belakang menjadikan ruang bagasi tersedia luas. “Keluhan para pengguna mobil jenis hatchback adalah ruang bagasi yang kecil dan sempitnya baris kedua. Livina XR 2008 meminimalkan keluhan ini,” katanya.

Selain itu Livina XR 2008 juga dilengkapi teknologi Electronic Power Steering (EPS) untuk mencergah power loss karena tidak mengambil tenaga mesin saat pengoperasiannya. Tambahan lagi adalah pengaplikasian teknologi drive by wire yang kerap digunakan untuk mobil-mobil di kelas yang lebih tinggi.

Kunjungi website https://infomobilbekas.com/nissan-livina-xr-2008 untuk mendapatkan informasi lebih lengkap dan jelas tentang mobil bekas Nissan Livina XR 2008 yang ingin Anda beli sehingga Anda bisa mengetahui bagian-bagian apa saja yang perlu diperhatikan saat membeli mobil Nissan Livina XR 2008 ini.

 

Leave a Reply