4 Cara Bagaimana Orang Tua Dapat Membantu Anak Belajar Bahasa Asing

Peran guru dalam proses pendidikan sangat penting, begitu juga sebagai orang tua. Pekerjaan guru tidak akan berhasil jika siswa hanya berfokus pada bahasa Inggris di kelas. Hanya bekerja sama sebagai guru tim dan orang tua yang dapat menciptakan lingkungan belajar yang baik.

1. Pentingnya Pelajaran

Ada banyak cara orang tua dapat membantu anak-anak mereka. Langkah pertama dan terpenting adalah membiarkan anak Anda memahami pentingnya bahasa Inggris. Orang tua harus terlebih dahulu memahami dan percaya akan pentingnya kemampuan bahasa Inggris. Anak-anak mahir memahami sikap orang tua. Jika anak-anak menyadari bahwa orang dewasa dalam kehidupan mereka tidak menganggap belajar bahasa Inggris itu penting, mereka cenderung tidak akan mendekati subjek dengan sikap positif.

2. Persiapan Sekolah

Hal penting lainnya yang sangat membantu adalah mempersiapkan anak untuk bersekolah. Dalam banyak hal, orang tua dapat membantu anak-anak mereka belajar bahasa Inggris dengan memastikan mereka memiliki persiapan yang baik untuk sekolah secara umum.

3. Komunikasi Orangtua-Guru

Satu hal lagi yang bisa dilakukan orang tua adalah berkomunikasi dengan guru. Berbicara dengan guru dan staf sekolah lainnya dapat menjadi hal yang menakutkan bagi orang tua siswa, terutama jika mereka tidak nyaman dengan kemampuan bahasa Inggris mereka sendiri. Namun, guru dapat menjadi mitra yang sangat berharga dalam membantu anak-anak mencapai potensi penuh mereka. Selain melaporkan kemajuan siswa secara keseluruhan, guru mungkin dapat menyarankan metode terbaik untuk mempraktikkan bahasa Inggris di rumah dan mengarahkan orang tua ke sumber yang berguna. Di sisi lain, orang tua dapat memberi tahu guru tentang perasaan dan kekhawatiran siswa yang sulit dilihat di kelas, sehingga guru dapat mengambil masukan ini sebagai pertimbangan.

4. Belajar Bersama

Satu lagi solusi menarik yang sangat membantu adalah mulai belajar bahasa Inggris dengan anak. Ketika orang tua mampu menggunakan bahasa Inggris di rumah, lebih banyak kesempatan akan muncul bagi anak-anak untuk belajar bahasa inggris tanpa batas dan mendengarkan. Orang tua dan anak-anak yang mempraktikkan keterampilan baru mereka bersama-sama dapat menjadi motivator yang hebat. Apalagi, kegiatan orang tua-anak seperti itu bisa mempersatukan keluarga dan membawa banyak kesenangan. Orang tua juga bisa belajar bahasa inggris online melalui situs-situs yang mendukung.

 

Leave a Reply