Kriteria AC yang di Cari Konsumen

Penggunaan AC atau air conditioner di bangunan rumah hunian kini sudah menjadi hal yang utama pada masyarakat modern. Terlebih belakangan ini suhu udara cukup panas, sehingga membuat fungsi ac begitu dibutuhkan untuk penyejuk ruangan. Namun cukup banyak konsumen yang membeli alat elektronik ini dengan hanya berdasar harga, atau hanya mencari ac yang low watt saja. Padahal berikut kriteria AC yang baik untuk tiap ruangan. Simak ulasannya.

Tips Memilih AC yang Tepat

1. Ruang Tamu

Ruang tamu umumnya terletak di bagian depan sebuah rumah dan dapat dilihat oleh banyak orang. Maka anda sebaiknya menggunakan air conditioner jenis cassette, karena AC jenis ini memiliki jangkauan yang cukup luas. Bahkan terdapat 4 arah mata angin dari alat ini, sehingga udaranya akan lebih merata jika terdapat banyak tamu yang berkunjung ke rumah anda. Untuk area ini, anda cukup menggunakan ½ hingga 1 PK saja, dengan suhu 24°C.

2. Kamar Tidur Utama

Jenis AC atau air conditioner yang tepat untuk ruangan kamar utama adalah AC dengan model split. Model seperti ini memiliki desain yang cukup ramping, sehingga tidak akan membebani desain dari kamar tidur anda. Selain itu, teknologi inverter juga mampu menghemat energi lebih banyak bila dibandingkan dengan yang biasa. Ini karena penggunaan AC pada area kamar tidur bisa digunakan dalam waktu minimal 8 jam.

Yang perlu anda perhatikan yakni jangan sampai hembusan dari air conditioner tersebut langsung mengarah ke tubuh. Karena hal ini bisa membuat masalah pada kualitas tidur anda, bahkan bisa berdampak pada kesehatan. Pada area kamar tidur utama, anda dapat memilih AC ¾ hingga 2 PK, tergantung pada luasnya. Untuk suhunya, bisa diatur dengan suhu 23°C – 24°C.

3. Kamar Tidur Anak

Tidak jauh berbeda dengan kamar tidur utama, pilihan air conditioner untuk kamar tidur anak juga sebaiknya menggunakan model split. Anda juga bisa memilih tambahan fitur sensor gerak, karena ruangan ini tentunya juga digunakan sebagai tempat bermain anak. Dengan adanya fitur sensor gerak, dingin AC akan menyesuaikan ketika anak sedang banyak beraktivitas. Anda bisa menggunakan AC yang ½ hingga ¾ PK dengan suhu pada angka 25°C – 26°C.

4. Dapur

Untuk area dapur, anda bisa menggunakan jenis AC yang floor standing. AC ini bisa anda pindahkan ke segala tempat sehingga anginnya tidak langsung ke area anda memasak. Selain itu, AC jenis ini cukup mudah untuk dibersihkan karena area di dapur membuat air conditioner rentan terkena debu. Cara perawatan air conditioner floor standing ini juga lebih cepat bila dibandingkan AC jenis yang lain. Namun anda perlu memasang exhaust untuk AC di area dapur.

5. Ruang keluarga

Jika anda membutuhkan AC yang low watt, maka penggunaan AC jenis cassette di area ruang keluarga bisa anda lakukan. Peletakan air conditioner pada area yang tepat bisa membuat anda lebih hemat listrik. Anda bisa meletakkan AC tersebut di tengah ruangan, tepatnya di atas meja pada ruang keluarga. Penggunaan PK untuk area ini disarankan 1 hingga 2 PK, dengan suhu yang berada di angka 22°C – 23°C pada siang hari dan 24°C – 26°C pada malam hari.

Penggunaan air conditioner yang tepat tentunya akan membuat rumah anda lebih sejuk, namun tetap tidak boros listrik. Jika anda ingin lebih berhemat, maka letakkan AC pada ruangan tertentu saja yang sekiranya memang membutuhkan. Atau pada ruangan yang tidak terdapat cukup banyak ventilasi udara, dengan demikian anda bisa lebih hemat listrik dan rumah tetap terasa sejuk.

 

Leave a Reply