Cara Membuat Kue Cucur

Mungkin kalian sudah tidak asing lagi mendengan kata kue cucur? Tentu saja kue legendaris ini yang telah ada sejak jaman dulu ini memiliki rasa yang enak dan teksturnya yang kenyal. Membuat kue ini banyak di sukai oleh masyarakat indonesia, mangkannya bisa bertahan hingga saat ini. Nah untuk sekarang kalian tidak perlu membelinya lagi jika kalian sedang ingin menikmati kue cucur ini, karena kalian bisa membuatnya sendiri dirumah loh. di artikel ini akan memberikan beberapa resep kue cucur yang bisa kalian coba nantinya. Diataranya adalah

  • Kue Cucur Gula Merah

Nah untuk jenis kue cucur yang bisa kalian coba yaitu jenis kue cucur gula merah, untuk bahannya yaitu;

  1. 250 gram gula merah
  2. 420 ml air
  3. 200 gram tepung terigu
  4. 100 gram tepung beras
  5. 1/4 sdt garam

Untuk cara membuatnya

  • Pertama kalian rebus terlebih dahulu gula merah, air samapi mendidih. Jika sudah mendidih matikan apinya. Lalu kalian sarinig larutan gula yang sudah di rebus tadi lalu diamkan sampai hangat.
  • Setelah itu campurkan tepung terigu, tepung beras, dan garam lalu aduk hingga semua merata.
  • Jika sudah, kalian bisa langsung masukan larutan gula ke dalam campuran tepung. Aduk secara perlahan hingga adonan merata dan halus menggunakan mixer selama 2 sampai 3 menit saja. lalu diamkan adonan di suhu ruangan kurang lebih 30 menit.
  • Setelah itu siapkan minyak kurang lebih 7 sampai 8 sendok makan, panaskan dalam wajan yang kecung. Masukan 1 sendok sayur adonan dalam minyak yang panas. Lalu siram adonan dengan minyak sampai seratnya keluar, untuk adonan kue cucur tidak usah di balikkan, cukup di siram bagian atasnya saja menggunakan minyak. Untuk mengeceh kematangan kue cucur ini kalian bisa melakukannya menggunakan lidi dan tusuk bagian tengahnya, jika tidak ada adonan yang menempeh tandanya kue cucur sudah matang.
  • Jika sudah matang angkat dan tiriskan kue cucurnya. Dan kue cucur pun siap kalian nikmati bersama keluarga atau kerabat kalian.

Untuk resep yang kedua adalah

  • Kue Cucur Berserat Panda Wangi

Nah kue cucur yang dibuat dengan campuran pandan merupakan yang paling di sukai oleh semua masyarakat indonesia karena rasa yang enak dan wangi pandan. Untuk bahan bahan di butuhkan membuat kue cucur pandan ini adalah;

  1. 30 gram tepung terigu
  2. 2 lembar daun pandan
  3. 125 gram tepung beras
  4. 125 gram gula pasir
  5. 1 gelas air matang
  6. 1/4 sdt garam

Cara membuat kue cucur berserat panda wangi yaitu

  • Langkah awalnya, kalian campurkan dulu daun pandan, gula dan air. Kemudian rebus hingga mendidih atau gula larut dengan sempurna.
  • Jika sudah larut dengan sempurna kalian bisa langsung saring agar terhindar dari ampas ampasnya
  • Setelah itu dinginkan terlebih dahulu larutan gulanya, sambil menunggu larutan itu sedikit dingin kalian bisa lakukan untuk mencampurkan semua bahan tepung terigu, tepung beras dan 1 sendok teh garam ke dalamnya. Setelah itu aduk hingga merata di setai dengan larutan gula yang sudah sedikit dingin atau hangat. Aduk lagi hingga semua tercampur dan merata.
  • Setelah itu kalian bisa goreng dengan cara seperti yang sudah di jelaskan di cara membuat cucur gula merah.
  • Nah jika sudah matang kalian bisa dinginkan dan kue cucur pun siap kalian santap.
 

Leave a Reply