Peran Penting Perusahaan Logistik Dalam Kemajuan Bisnis E-Commerce

Era digital telah merubah tatanan hidup manusia mulai dari segi komunikasi hingga ekonomi, tak terkecuali aktivitas jual beli. Tak hanya secara offline yaitu melalui pasar, supermarket, maupun mall, kini tak sedikit orang yang melakukan aktivitas jual beli online melalui e-commerce. Itulah mengapa perusahaan logistik mengambil peran penting di dalam bisnis e-commerce.

Ecommerce merupakan portal belanja online yang banyak digandrungi, dimana mempertemukan pembeli atau penjual melakukan proses penjualan ataupun pembelian produk secara online. E-commerce memanfaatkan jaringan telekomunikasi misalnya televisi, internet, ataupun jaringan komputer. E-commerce dan perusahaan logistik seakan menjadi hal yang tak dapat dipisahkan, karena keduanya saling melengkapi.

Karena itulah peran logistik dibawah ini sangat erat kaitannya dengan kemajuan bisnis e-commerce, apa saja?

Manfaat Perusahaan Logistik Bagi E-Commerce

Logistik merupakan perpindahan barang dari pemasok ke penjual ataupun dari penjual ke pembeli. Karena itulah keberadaan perusahaan logistik dalam mekanisme jual beli modern sangat penting, guna memudahkan tak hanya bagi penjual namun juga pembeli. Selain itu inilah manfaat logistik bagi e-commerce lainnya, diantaranya

  • Praktis

Memanfaatkan jasa logistik untuk mengirimkan barang ke pembeli dapat terbilang lebih praktis jika dibandingkan dengan memiliki kurir sendiri. Selain itu harganya pun jauh lebih terjangkau, sehingga mampu menekan pengeluaran dan meningkatkan keuntungan.

  • Memperluas Distribusi Produk

Indonesia merupakan negara kepulauan, sehingga memanfaatkan perusahaan logistik merupakan pilihan tepat bagi e-commerce agar dapat menjangkau seluruh kota di Indonesia. Terlebih pelanggan e-commerce datang dari mana saja, baik kota kecil maupun besar di Indonesia. Dengan meluasnya distribusi produk, tentu akan bermanfaat pula pada naiknya omzet penjualan.

Memilih Perusahaan Logistik yang Tepat Bagi E-Commerce

Karena jasa logistik dan e-commerce dapat bekerja saling menguntungkan, untuk itu memilih jasa logistik yang tepat bagi suatu bidang usaha merupakan hal krusial yang perlu diperhatikan.

SERA yang bergerak di bawah PT Serasi Autoraya, terus bertumbuh menjadi perusahaan terdepan dan berekspansi ke bidang pengelolaan logistik yaitu SELOG. SELOG merupakan layanan logistik terintegrasi, mulai dari perencanaan, implementasi, hingga proses monitoring.

SELOG melayani segala jenis pengiriman termasuk e-commerce B2B. B2B sendiri merupakan e-commerce business to business yang dilakukan oleh pihak-pihak yang berkepentingan dalam bisnis. Sehingga trading partners sudah saling mengenal serta telah mengetahui seluruh proses bisnis yang dilakukan.

  • Mampu Memberikan Jaminan

SELOG menawarkan jasa pengiriman dengan berbagai jenis moda pengangkutan dan berani memberikan jaminan safety (keamanan), on time (tepat waktu), serta zero defect (produk tidak cacat atau sesuai spesifikasi).

  • Banyak Pilihan Layanan

SELOG menyediakan banyak pilihan layanan, mulai dari layanan standar hingga layanan solusi. Layanan standar diantaranya regular service, same day service, hingga next day service.

Sedangkan layanan solusi merupakan layanan khusus seperti layanan VPD (Valuable, Perishable, and Dangerous Goods) untuk pengiriman paket, dokumen, maupun barang berat yang besar untuk dikirimkan melalui layanan kargo biasa.

Perusahaan Logistik Dapat Menjadi Strategi Pemasaran Tepat untuk E-Commerce

Berdasarkan suatu penelitian yang dilakukan oleh Ernst dan Young, rupanya bisnis e-commerce diperkirakan akan meningkat hingga sepuluh kali lipat. Tepatnya dari tahun 2015 hingga 2020, bahkan mencapai angka Rp 1.800 triliun.

Karena itu e-commerce perlu melakukan strategi pemasaran yang efektif dan komprehensif, salah satunya dengan memilih perusahaan logistik yang tepat. Dengan strategi pemasaran yang efektif dan komprehensif itulah, dapat memberikan pertumbuhan positif bagi bisnis e-commerce agar terus berkembang dan mampu bersaing.

Demikianlah peran penting perusahaan logistik dalam kemajuan bisnis e-commerce. Semoga informasi tersebut bermanfaat.

 

Leave a Reply