Agar Tak Salah Pilih, Kenali Macam-Macam Sambungan Pipa Berikut Ini

Ketika hendak menginstalasi pipa air PVC yang digunakan sebagai jalur air, Anda tentu kerap mendapati kasus medan tidak lurus dan tidak beraturan. Guna mendapatkan hasil yang maksimal ketika proses pemasangan, Anda memerlukan sambungan pipa atau fitting, pengaturan cabang sambungan, perubahan ukuran pipa, hingga belokan.

Namun dalam memilih sambungan pipa tentu tak boleh sembarangan. Anda dituntut harus teliti ketika menentukan ukuran dan juga jenis pipa yang digunakan. Agar tak salah pilih, simak macam-macam fitting berikut ini.

Elbow PVC

Elbow PVC merupakan komponen pipa yang berguna untuk membelokkan arah aliran dan juga menghubungkan dua pipa yang membelok. Elbow yang paling umum ditemui adalah elbow 45 dan 90 derajat.

Jika ingin mendapatkan sudut yang lain, elbow dapat dipotong sesuai kebutuhan atau menyatukan dua elbow untuk dapat memperoleh sudut tertentu. Jika berbicara jenis penyambungannya, terdiri dari dua jenis elbow yakni elbow biasa dan elbow drat (elbow drat dalam atau luar).

Tee Stuck PVC

Tee stuck PVC atau lebih dikenal dengan sambungan T berfungsi membagi aliran dan menyambungkan tiga pipa yang membentuk siku-siku. Umumnya sambungan ini digunakan untuk membagi pipa utama menjadi dua jalur aliran, yakni aliran ke kanan dan ke kiri.

Selain itu, tee stuck PVC juga memiliki variasi lain yang dinamakan Y stuck karena bentuknya yang menyerupai huruf Y.

Reducer PVC

Seperti namanya, sambungan pipa yang satu ini berguna untuk me-reduce atau mengurangi aliran. Reducer ini berfungsi untuk menyambungkan pipa yang diameternya berbeda, yang lebih kecil ke lebih besar atau sebaliknya.

Cross PVC

Sambungan yang satu ini memiliki 4 arah jalur, sehingga berfungsi untuk membagi jalur pipa utama menjadi 3 arah yakni ke kanan, ke kiri, dan lurus ke depan.

Tipe Sambungan Pipa Menurut Cara Menghubungkannya

  • Sambungan drat yang berfungsi untuk menyambungkan sambungan drat
  • Sambungan sok yang berfungsi untuk menyambungkan pipa
  • Sambungan flange atau baut yang berfungsi untuk menyambung pipa berukuran besar dengan bahan logam

Demikianlah macam-macam sambungan pipa agar nantinya Anda tak salah pilih ketika membeli. Semoga informasi ini bermanfaat.

 

Leave a Reply