5 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Merekrut Karyawan, Jangan Sampai Salah Pilih!

Mundurnya seorang karyawan dari perusahaan harus segera digantikan dengan yang baru agar tidak membuat kacau perusahaan. Tentunya merekrut karyawan pun tidak boleh sembarangan mengingat perusahaan juga butuh biaya lebih untuk mempekerjakan karyawan baru.

Pastinya tidak ada perusahaan yang mau mendapatkan karyawan yang cepat mengundurkan diri padahal baru beberapa bulan bekerja kan? Oleh sebab itulah perusahaan harus mempertimbangkan hal berikut sebelum merekrut karyawan:

Mampu berkomunikasi dengan baik

Meskipun kelihatannya sepele, karyawan terbaik adalah karyawan yang mampu berkomunikasi dengan baik. Perusahaan bisa menilai kemampuan berkomunikasi karyawan dari caranya menjawab berbagai pertanyaan yang dilakukan saat interview.

Komunikasi karyawan yang baik akan membuat karyawan lainnya mudah memahaminya dan pastinya kerja sama tim bisa terbentuk dengan baik pula. Kemampuan komunikasi juga dibutuhkan untuk mempresentasikan berbagai tugas untuk kemajuan perusahaan.

Punya motivasi yang tinggi

Motivasi adalah hal terpentig yang harus dimiliki karyawan supaya perusahaan bisa terus berkembang. Menilai motivasi karyawan pun bisa dilakukan dengan mudah dari tingkat kehadiran yang dipantau melalui mesin absensi fingerprint.

Untuk menilai motivasi calon karyawan pun bisa dilihat dari cara berbicara ketika interview. Apabila calon karyawan terlihat malas-malasan, maka hal ini sudah menjadi pertanda jika kurangnya motivasi karyawan dan bisa menjadi masalah di kemudian hari. Sebaliknya, karyawan yang termotivasi terlihat bersemangat untuk bekerja bahkan bisa menginspirasi orang lain untuk terus bersemangat pula.

Mampu menghormati orang lain

Salah satu permasalahan yang sering muncul di perusahaan adalah perbedaan pendapat antar karyawan tentang berbagai hal, baik masalah internal maupun isu dalam negeri yang sedang hangat. Perbedaan pendapat ini bisa menjadi kubu di kantor yang akan membuat situasi menjadi runyam.

Faktanya, akar dari perbedaan pendapat ini adalah karena rasa kurang menghargai antara satu sama lain. Perusahaan bisa mengamati apakah calon karyawan mampu menghormati orang lain dengan menginterupsi atau tidkanya mereka selama interview berlangsung.

Kenali passion karyawan

Hampir sama dengan motivasi, karyawan yang punya passion lebih mudah diarahkan ketika bekerja. Karyawan yang memiliki passion pun kerjanya lebih terarah dan mudah bekerjasama dengan karyawan lainnya sehingga tujuan perusahaan bisa tercapai dan semakin maju.

Sebaliknya, karyawan yang tidak punya passion kerjanya cenderung amburadul dan bisa kehilangan motivasi ketika sudah mulai bosan dengan rutinitas kantor. Oleh sebab itulah mesin absensi fingerprint diperlukan dalam perusahaan untuk bisa terus mengontrol motivasi karyawan dri grafik absensinya.

Periksa kembali CV karyawan

CV adalah jalan masuk karyawan ke suatu perusahaan. Melalui CV pula lah perusahaan bisa menentukan apakah calon karyawan punya latar belakang yang diharapkan oleh perusahaan. Tentunya hanya kandidat terbaik saja yang akan diundang perusahaan untuk melakukan interview ataupun psikotes.

Selain itu, melalui CV karyawan lah perusahaan bisa tahu apakah calon karyawan tersebut berkata jujur atau bohong. Perusahaan perlu menanyakan apabila ada perbedaan data antara apa yang tertera di CV dan yang dibicarakan selama interview berlangsung. Calon karyawan yang berbohong pun akan terlihat gugup dan menjadi kurang fokus.

Merekrut karyawan baru tidak sesulit yang dibayangkan bukan? Setelah mendapatkan karyawan baru, perusahaan pun harus mengajarkan karyawan tersebut untuk melakukan absensi melalui mesin absensi fingerprint.

Mendapatkan mesin absensi fingerprint pun mudah karena Anda bisa memesannya secara online melalui Mesin Absensi. Menariknya lagi, Mesin Absensi menawarkan produknya dengan harga yang terjangkau dan pastinya bisa disesuaikan dengan budget perusahaan.

Bahkan tim MesinAbsensi.co.id bersedia ke kantor Anda untuk demo langsung produknya lho! Yuk segera beli mesin absensi fingerprint terbaik di MesinAbsensi.co.id!

 

Leave a Reply