Jangan Asal Pilih, Kenali Jenis-Jenis Sepeda Sebelum Membelinya!

Sumber : blog.avelio.com

Selain mobil dan sepeda motor, transportasi umum yang sering kita jumpai di jalanan kota lainnya adalah sepeda. Bahkan kini di beberapa kota besar sekarang ini sudah banyak komunitas sepeda yang dimana mereka memiliki kegiatan rutin bersepeda. Selain tidak memperparah pencemaran polusi udara, dengan bersepeda badan kita juga lebih sehat.

Bahkan banyak juga di beberapa daerah yang lebih memiliki menggunakan sepeda saat berangkat kuliah maupun kerja lho. Nah, kalau kamu ingin membeli sepeda dan masih belum tahu menahu tentang alat transportasi satu ini tahan dulu. Kamu perlu kenali beberapa jenis-jenis sepeda yang cocok untuk melintas di beberapa medan. Yuk, langsung cari tahu saja jenisnya dibawah ini!

1. Sepeda gunung

Sumber : phinemo.com

Seperti namanya jenis sepeda satu ini cocok banget dipakai untuk melintasi jalanan pegunungan yang cukup berat dan ekstrim tentunya. Sebutan lain dari sepeda gunung ini adalah Mountain Bike atau MTB. Sepeda MTB ini punya ciri rangka yang terbuat dari pipa besi berukuran besar, sehingga membuatnya lebih kokoh dan kuat untuk melintasi medan ekstrim. Selain itu ukuran ban yang dimilikinya pun juga cukup besar yakni sekitar 26″.

Tapak dari ban sepeda ini pun mampu mencengkram tanah maupun batu lho. Pada rodanya juga punya shock breaker. Dan yang terakhir adalah MTB ini punya 10 gear belakang dan 3 gear depan. Jenis yang dimilikinya pun banyak tergantung dari segi suspensinya.

2. Sepeda Hybrid

Sumber : productnation.co

Jenis sepeda yang kedua ini merupakan perpaduan antara sepeda gunung dan sepeda balap. Meskipun sepeda hybrid merupakan perpaduan dari sepeda gunung, tetapi jenis sepeda ini lebih cocok dipakai di jalan raya. Sama halnya sepeda gunung, hybrid punya rangka yang bentuknya mirip dan shock breaker di roda depannya. Sedangkan yang mirip dari sepeda balap adalah ukuran diameter pipa dan rodanya yang berukuran 27″. Selain ukuran roda sepeda hybrid ini lebih lebar dan pada permukaannya juga ada tekstur.

3. Sepeda balap

Sumber : sepeda.me

Sama seperti namanya, sepeda jenis ini memang dikhususkan untuk ajang balapan atau race. Berbeda dengan jenis sepeda lainnya, bobot yang dimiliki sepeda balap ini sangat ringan sekali. Bahkan kecepatan yang dapat dihasilkannya pun bisa 3 sampai 5 kali lipat dengan jenis sepeda lainnya saat melaju di jalan raya. Meskipun tak memiliki shock breaker, kecepatan yang mampu ditempuh menggunakan sepeda ini mencapai 60 km/jam.

Kamu bisa dengan mudah mengenali sepeda balap ini, karena biasanya sepeda ini punya stang melengkung. Hal ini bertujuan supaya si pengendara bisa dengan mudah mencapai posisi aerodina meter yang ideal. Sepeda balap ini pun juga terdiri dari 3 jenis yang berbeda-beda seperti, aero, endurance dan juga lightweight.

4. Sepeda BMX

Sumber : loop.co.id

Nama BMX sendiri diambil dari singkatan bicycle motocross. BMX sendiri merupakan salah satu olahraga yang populer di California pada tahun 1960. Para pengguna handal sepeda BMX ini bisa bermain atraksi-atraksi ekstrim dan menegangkan dengan sepeda ini. Bahkan sampai sekarang pun tak hanya di California saja, di Indonesia sepeda BMX juga tak kalah populernya. Sampai-sampai ketika Olimpiade Rio tahun 2018, Indonesia ikut memeriahkan acara ini dengan mengirimkan atlet di ajang BMX seri SX.

5. Sepeda lipat

Sumber : pegipegi.com

Seperti namanya, sepeda ini bisa kamu lipat sehingga saat menyimpannya pun akan lebih mudah karena tak makan banyak tempat. Berkat kelebihannya tersebut membuat orang yang pertama kali melihatnya akan langsung jatuh cinta. Bahkan kamu bisa dengan mudah membawa sepeda lipat ini menggunakan transportasi umum, membawanya ke apartemen hingga kantor. Karena tak memiliki shock breaker, sepeda ini lebih cocok melaju di jalanan beraspal daripada medan berat.

Jadi, itulah 5 jenis sepeda yang bisa dikendarai pada medan-medan tertentu. Ketika ingin membeli sepeda kamu harus menyesuaikan dengan medan yang akan dilalui supaya nggak salah memilih ya, sob!

 

Leave a Reply