Pengertian Pajak Bisnis

Pajak online memudahkan para pebisnis untuk melaporkan pajaknya ke Direktorat Jenderal Pajak. Apakah Anda seorang pebisnis dan mempunyai badan usaha yang sudah mempunyai omset hingga ratusan juta?

Jika iya, maka Anda wajib kena pajak dan setiap tahunnya harus melaporkan pajak bisnis Anda. Berikut adalah pengertian pajak bisnis dan manfaat dari adanya situs pajak online.

Apa itu Pajak Perusahaan atau Bisnis?

Pajak perusahaan atau bisnis dibebankan pada laba perusahaan. Angka yang digunakan sebagai dasar untuk pajak berbeda tergantung pada jenis bisnis. Untuk menentukan tarif pajak penghasilan Anda, Anda harus menghitung pajak untuk Formulir Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT).

Dengan menambahkan semua sumber penghasilan Anda, termasuk pendapatan bersih bisnis, Anda juga harus memasukkan kredit pajak dan potongan untuk mendapatkan penghasilan kena pajak bersih.

Pajak lain yang harus dibayar oleh bisnis Anda termasuk:

  1. Pajak capital gain untuk investasi bisnis dan penjualan aset bisnis. Tarif pajak capital gain didasarkan pada berapa lama Anda memiliki aset.
  2. Bisnis harus membayar pajak properti atas properti riil (tanah dan bangunan) yang dimiliki oleh bisnis..
  3. Bisnis Anda juga harus membayar pajak atas dividen dari investasi bisnis.

Keuntungan Pajak Online

Melaporkan pajak adalah salah satu hal yang paling ditakuti orang setahun sekali. Mengapa? Karena lapor pajak itu rumit, ada banyak formulir yang diisi. Itulah sebabnya mengapa banyak orang memilih untuk mengajukan secara online. E-Filing, menjadi sangat populer karena bisa melaporkan bisnis dengan mudah, dan semuanya diproses lebih cepat. Berikut rincian manfaat e-filing pajak online :

  1. Kenyamanan Pengajuan Pajak Secara Online

Dengan pajak online, Anda dapat melaporkan pajak Anda dari mana saja. Program pajak berbasis web hanya membutuhkan koneksi internet. Selangkah demi selangkah di E-Filling memungkinkan Anda untuk melaporkan dengan detail dan tidak rumit.

  1. Bisa Menyimpan Catatan Pajak

Manfaat terbaik dari E-Filling adalah bisa berfungsi sebagai buku catatan dokumen pajak Anda. Ya, E-Filling bisa digunakan untuk menyimpan catatan pajak Anda hingga tujuh tahun ke depan seperti sebuah buku catatan yang tidak usang.

Membuang catatan pajak lama bisa berisiko, dan bisa terjadi pencurian identitas jika tidak dibuang dengan benar. Di sisi lain, tumpukan pajak masa lalu akan terus tumbuh dan tumbuh setiap tahun, mengambil lebih banyak ruang..

E-filing memungkinkan Anda untuk menyimpan dokumen pajak Anda selama bertahun-tahun seperti yang Anda inginkan. Semua dokumen bisa disimpan dengan aman secara online dan tidak membutuhkan ruang fisik seperti laci atau lemari. Anda bisa mudah mengambil dokumen pajak ketika Anda membutuhkannya.

  1. Pemrosesan Lebih Cepat

Semua proses lebih cepat ketika Anda mengajukan secara online. Anda tidak harus membaca instruksi untuk setiap formulir yang Anda ajukan dan menentukan nomor mana yang masuk dalam kotak mana. E-filing mengajukan pertanyaan sederhana dan intuitif, memperjelas di mana memasukkan informasi dan mengisi formulir yang tepat sendiri di back-end.

Pajak online benar-benar memudahkan Anda melaporkan pajak tahunan Anda. Cukup buka laman djponline.pajak.go.id dan ikuti semua panduannya.

 

Leave a Reply