6 Prospek Kerja dari Lulusan Manajemen Bisnis dan Gajinya

Manajemen bisnis masih menjadi salah satu prodi yang paling banyak dicari. Hal tersebut disebabkan karena prospek kerja dari lulusan prodi tersebut cukup luas dan gaji yang besar. Besaran gaji tersebut tergantung dari jabatan kerjanya, misalnya manager SDM di perusahaan lokal memiliki gaji Rp 10-15 jutaan per bulan.

Dengan besar gaji tersebut, membuat banyak orang yang melakukan pendaftaran di PPM Manajemen jurusan manajemen bisnis.

Untuk tahu apa saja prospek kerjanya, simak informasi berikut:

  1. Dosen atau Tenaga Pendidik

Jika kamu memiliki kemampuan di bidang akademik yang mumpuni, bekerja sebagai tenaga pendidik seperti dosen bisa menjadi pilihan tepat. Setidaknya, kamu harus mengambil pendidikan S2 sebagai syarat menjadi dosen.

Untuk gajinya, tenaga pengajar memiliki gaji sekitar RP 8-20 jutaan per bulan. Besar gaji tersebut dapat dipengaruhi oleh pengalaman, tempat mengajar dan juga lamanya mengajar.

  1. Business Development

Pekerjaan di bidang ini berkaitan dengan pengembangan usaha baik dari sisi internal maupun eksternal dari suatu perusahaan. Karena Hal tersebut, banyak perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan untuk posisi business development.

Di Indonesia sendiri, sebagai seorang business development fresh graduate, kamu akan mendapatkan gaji sekitar Rp 6-8 jutaan. Besar gaji tersebut tergantung juga oleh dimana kamu bekerja dan kemampuan kamu.

  1. HRD

Human resources department atau HRD biasanya ditempati oleh lulusan prodi Psikologi. Namun, bagi kamu yang merupakan lulusan manajemen bisnis, tetap bisa mengambil posisi sebagai HRD. Salah satu caranya adalah kamu mengambil mata kuliah yang berkaitan dengan SDM.

Dengan modal pengetahuan tersebut, kamu bisa mendaftar sebagai HRD. Untuk gaji seorang HRD fresh graduate berkisar antara Rp 5-8 jutaan per bulannya.

  1. Management Trainee (MT)

Management Trainee atau MT merupakan pekerjaan yang paling banyak dibuka lowongannya oleh perusahaan dari dalam negeri maupun luar negeri. Tujuannya adalah untuk mencari bibit pekerja potensial yang berkualitas.

Jika kamu mengambil pekerjaan ini, maka kamu harus mengikuti masa pelatihan dan kerja selama 1-2 sebagai karyawan kontrak. Nantinya, kamu akan ditempatkan di beberapa divisi untuk tahu posisi mana yang tepat untuk kamu.

Jika lolos, kamu akan dikontrak untuk menjadi karyawan tetap.

Untuk gajinya, cukup bervariasi tergantung perusahaannya. Namun, rata-rata besar gaji per bulan adalah Rp 6-12 jutaan.

  1. Marketing

Posisi marketing saat bisa diisi oleh siapa saja, apalagi oleh lulusan management bisnis. Marketing saat ini tidak hanya harus bisa melakukan prospek secara offline namun juga online.

Untuk gaji kamu jika bekerja di posisi marketing suatu perusahaan sebagai senior marketing, dapat mencapai Rp 50 juta per bulan. Gaji tersebut belum termasuk bonus yang akan diterima jika mencapai target.

  1. Konsultan Bisnis

Seorang lulusan Management Bisnis dapat menjadi seorang konsultan bisnis. Tidak hanya harus mengerti mengenai bisnis namun juga harus pandai untuk menganalisa. Ini karena situasi dan kondisi setiap perusahaan berbeda sehingga perlu solusi tepat agar perusahaan tersebut bisa berkembang dengan baik.

Seorang konsultan bisnis senior dengan pengalaman kerja minimal 5 tahun dapat memiliki gaji sekitar Rp 15-50 juta per bulan. Namun, ada pula yang memiliki gaji lebih dari itu, tergantung dari pengalaman.

Itulah 6 prospek kerja untuk lulusan management bisnis. Jika kamu berminat untuk menekuni profesi tersebut, kamu bisa melakukan pendaftaran kuliah online di jurusan management bisnis.

Agar lebih mudah saat mendaftar, kamu bisa menggunakan aplikasi goKampus. Lewat aplikasi ini kamu bisa mendaftar kuliah di PPM Manajemen dengan lebih cepat, mudah dan murah dibandingkan dengan cara offline.

Jadi, tunggu apalagi, download dan gunakan aplikasi goKampus agar kamu lebih mudah diterima di kampus favorit tanpa harus ribet!

 

Leave a Reply