Tips untuk Meraih Tambahan Pendapatan Lewat Internet

menjadi blogger di era media sosial

Internet telah menjadi media yang memiliki beragam fungsi (multifungsi) dalam kehidupan kita sehari-hari. Melalui internet, kini seseorang bisa memesan beragam barang kebutuhan sehari-hari dan membayar melalui internet banking. Namun, selain berfungsi untuk memesan barang atau belanja online, internet ternyata juga memiliki fungsi untuk menambah penghasilan Anda. Salah satu cara yang lumrah diketahui tentu saja dengan cara blogging setelah sebelum membeli hosting untuk membuat website.

Sebenarnya ada banyak cara yang bisa Anda tempuh untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari internet. Orang-orang mungkin sudah lumrah mengenal yang namanya berjualan online. Namun, ternyata selain berjualan online, cara berikut ini dapat Anda terapkan untuk menghasilkan pundi-pundi uang dari internet.

1. Membangun Sebuah Blog

Aktivitas Blogging atau menulis di blog dulunya hanya dipandang sebagai aktivitas untuk menyalurkan hobi semata. Padahal, ternyata aktivitas ini bisa menjadi sebuah ladang bisnis yang cukup menjanjikan. Banyak orang yang bisa menghasilkan pundi-pundi uang dengan menulis di blognya dengan cara memanfaatkan Google Adsense ataupun mengiklankan produk.

Cara pertama yang harus Anda tempuh tentunya adalah membangun sebuah blog yang kredibel dan memiliki banyak pengikut terlebih dahulu. Ketika jumlah pengunjung blog Anda cukup tinggi, atau trafiknya bagus, maka akan lebih banyak orang yang ingin mengiklankan produknya di tempat Anda. Dari sini Anda bisa meraih pundi-pundi uang.

Anda sebaiknya membangun blog sesuai niche yang spesifik. Misalnya saja Anda bisa membangun blog terkait food blogger, entertainment, berita atau analisa ekonomi. Dari sinilah produk yang diiklankan akan sesuai dengan niche blog Anda.

2. Menawarkan Jasa dan Produk Secara Online

Ada banyak produk yang bisa Anda tawarkan secara online. Saluran untuk menawarkan produk online juga sangat beragam mulai dari sosial media dan juga website. Produk yang bisa dijual juga ada banyak ragamnya seperti produk makanan, produk fashion, ataupun produk-produk kekinian.

Selain menjual produk, Anda juga bisa menawarkan jasa kepada para konsumen. Jasa yang ditawarkan sangat beragam mulai dari jasa pembuatan suatu produk, jasa desain, jasa transalasi atau penerjemahan hingga jasa pembuatan website.

3. Berkontribusi di Media Online

Ada banyak media online yang menyediakan ruang bagi penulis lepas untuk turut berkontribusi. Melalui media online ini Anda tidak hanya berkesempatan untuk menuangkan ide-ide segar saja namun Anda juga berkesempatan untuk mendapatkan pundi-pundi Rupiah. Ada beberapa media online yang menerima contributor lepas dan dibayar seperti IDNTimes.com, Mojok.co, Kumparan.com hingga Medium.com.

4. Menawarkan Jasa Tester Website

Salah satu cara untuk mendapatkan penghasilan melalui internet tanpa modal adalah menawarkan jasa tester website. Tester website bekerja untuk menguji kemampuan website dan performanya mulai dari sebelum peluncuran sampai website yang ingin dikembangkan lebih baik. Anda bisa tergabung ke dalam platform yang memang menawarkan jasa peningkatan website.

Platform yang menawarkan jasa peningkatan website seperti TryMyUI serta User Testing. Anda harus memiliki sejumlah kemampuan untuk bisa menjadi tester website.

5. Affiliate Marketing

Anda berkesempatan mendapatkan komisi pada setiap konsumen yang membeli produk melalui link afiliasi Anda. Cara ini termasuk yang paling mudah karena tidak membutuhkan modal sama sekali.

6. Menjual Beli Domain Website

Tahukah Anda bahwa ternyata sekarang juga ada trend bisnis jual beli domain website. Domain sendiri adalah bagian penting dari sebuah website yang berperan sebagai alamat atau identitas dari website tersebut. Bagi sebuah perusahaan ataupun pebisnis, domain memiliki peran sebagai pemasaran dan pengenalan produk atau perusahaan.

Untuk mendapatkan nama domain yang ideal banyak perusahaan yang rela mengeluarkan uang hingga puluhan juta. Kesempatan inilah yang menjadikan banyak orang melakukan aktivitas domain flipping atau jual beli domain. Anda bisa membeli domain dan memilih nama yang bagus untuk domain tersebut sesuai dengan kategori yang Anda pahami.

Selain membeli domain, hal selanjutnya yang harus Anda pikirkan adalah membeli hosting untuk membuat website. Ada banyak perusahaan yang menyediakan jasa hosting dengan paket yang cukup terjangkau. Pastikan Anda hanya membeli hosting dan domain di tempat yang terpercaya dengan pelayanan pelanggan 24/7 agar pengelolaan website Anda maksimal.

 

Leave a Reply