Inilah 6 Manfaat Cloud Computing Bagi Perusahaan

Cloud computing merupakan trend baru dalam dunia teknologi yang memberikan banyak manfaat bagi pengembangan bisnis. Software canggih masa kini ini dapat membantu penggunanya dalam mengatur data center secara inovatif berbasis Virtual Private Server (VPS).

Di Indonesia sendiri teknologi VPS cloud berkembang pesat. Kemudahan cara penggunaan serta kecepatan VPS cloud Indonesia kemudian menjadikan cloud computing sebagai solusi bersahabat yang bahkan bisa digunakan semua jenis perusahaan.

Selain mudah dan cepat digunakan, cloud computing juga memiliki keunggulan lainnya dalam mengembangkan bisnis penggunanya, diantaranya adalah keunggulan yang memberikan 6 manfaat di bawah ini:

1. Mendukung Fleksibilitas Bekerja

Fleksibilitas yang tinggi menjadi manfaat besar yang dirasakan bagi perusaan pengguna cloud computing yang mendapatkan kemudahan dalam bekerja dengan adanya software ini. Cloud computing memungkinkan penggunanya berinteraksi perihal bisnis meski tidak sedang di kantor.

Dengan cloud computing, data perusahaan yang tersimpan dalam server memungkinkan Anda berinteraksi dengan kantor virtual jika sedang di luar kantor. Keren bukan?

2. Menciptakan Interaksi yang Efesien

Selain meningkatkan fleksibilitas dalam bekerja, cloud computing juga mampu menciptakan interaksi yang efesien satu sama lain. Sebelum adanya cloud computing, jika karyawan membutuhkan data atau file, maka kebutuhan tersebut perlu diantar secara langsung atau dikirim melalui email satu per satu kepada semua karyawan yang membutuhkan.

Sekarang, cloud computing menjamin data dan file yang terisimpan aman hingga bisa didapatkan lebih mudah tanpa dikirimkan via email. Dengan demikian cloud computing juga bisa menciptakan karyawan dengan mobiltas tinggi. Oleh sebab itu, software ini sangat cocok digunakan bagi perusahaan yang memiliki banyak karyawan.

Jadi, semua karyawan dapat mengerjakan file ataupun data dalam waktu bersamaan. Lebih cepat bukan?

3. Cloud Computing Membantu Perusahaan Mengontrol Dokumen

Berkaitan dengan manfaat interaksi efesien yang diciptakan oleh cloud computing, hal ini tentu tidak lepas dari kemampuan software ini dalam mengendalikan data. Cloud computing mampu mengontrol konten, judul, format serta data penting lainnya. Dengan demikian, semua data akan tersimpan secara rapi tanpa perlu mengirim email berulang saat file dibutuhkan.

4. Skalabilitas yang Tinggi

Cloud computing juga memiliki kemampuan menambah ataupun mengurangi ruang data tanpa membeli alat tambahan seperti hardisk. Cloud computing bekerja dengan menyimpan data secara virtual yang dapat ditambahkan atau dikurangi sesuai kebutuhan perusahaan. So, cloud computing ini sangat ideal untuk perusahaan bandwidth pastinya.

5. Menghemat Biaya Hardware

Tanpa disadari, manfaat fleksibilitas, interaksi yang efesien, mengontrol data hingga skalabilitas tinggi tentunya menjadikan pengeluaran perusahaan lebih hemat karenanya. Jadi, cloud computing membantu perusahaan agar tidak harus memiliki infrastruktur dan hardisk. Perusahaan hanya perlu membayar biaya per bulan dari kerjasama dengan could computing yang sudah disepakati.

Pertumbuhan industri startup tidak terlepas dari kemudahan ini, karena banyak melibatkan proses pembuatan aplikasi mobile yang membutuhkan hardware dengan spesifikasi tinggi. Dengan adanya cloud, maka pengadaan server tersebut dapat dihemat.

6. Berinvestasi

Selain berhemat, perusahaan secara tidak langsung dapat juga berinvestasi jangka panjang karena biaya yang dikeluarkan tidak terlalu besar namun mendapatkan fleksibilitas, interaksi yang efesien serta skalabilitas yang tinggi.

Jadi, perusahaan dapat berinvestasi dari sisa dana untuk kebutuhan lain dari penggunaan cloud computing.

Selain ke 6 manfaat di atas, cloud computing juga membantu perusahaan dalam pemulihan data karena memiliki jaminan ISO platform teknologi, menghemat waktu dan manfaat lainnya. Bagaimana, jadi tertarik menggunakan cloud computing?

 

Leave a Reply