Musim Penghujan Tiba, Kenali Ciri Demam Berdarah

Saat terjadi musim penghujan maka akan nampak banjir ancaman terhadap penyakit demam berdarah dengue (DBD) serta memiliki risiko yang meningkat. Kamu harus mengetahui gejala penyakit ganas ini sehingga mampu melakukan upaya pertolongan pertama pada penderitanya.

Apabila kamu menemui gejala demam berdarah, maka jangan sampai kamu melakukan pengabaian karena jika penyakit ini semakin diabaikan begitu saja mampu menemui efek buruk di kemudian hari. Terutama efek yang terjadi pada anak-anak yang memiliki karakter dalam hal sulit mengungkapkan rasa sakit yang diderita.

Pada banyak orang, terutama yang terjadi pada anak-anak maupun remaja, mungkin jika tidak mengalami tanda maupun gejala saat terjadi demam ringan. Karena saat gejala ini muncul terjadi pada manusia, biasanya manusia mulai merasakannya setelah 4-7 hari digigit nyamuk yang terinfeksi.

Ciri demam berdarah yang mungkin dialami oleh pasien DBD yaitu diantaranya ialah :

  1. DBD mampu ditunjukkan dengan keterangan suhu tubuh yang berada pada maksimum atau atas 39 derajat Celcius dengan periode demam yang berbeda, biasanya pada dua hari demam akan pulih. Namun, yang terjadi setelahnya akan tidak disangka karena demam muncul kembali dengan tiba-tiba seakan bak siklus tapal kuda.
  2. Apabila kamu menemui ciri demam berdarah yaitu berupa demam, maka ciri awal lain yang menandakan bahwa seorang terkena DBD ialah karakteristik sering mual dan muntah. Jadi berdasarkan hal ini disertai pula tidak ketinggalan yaitu sakit kepala yang berat. Penderita dari penyakit ini juga kebanyakan mengalami nafsu makan pun seketika hilang, sehingga membuat tubuh pasien rapuh.
  3. Nyeri tulang dan otot merupakan hal yang biasa pula dialami oleh penderitanya. Apalagi saat memiliki kondisi tubuh menggigil sehingga penderita mengalam rasa yang umumnya tidak nyaman.
  4. Penderita bagi penjenguk yang melihat maka dapat diidentikkan dengan wajah yang terlihat pucat serta fakta untuk malas bergerak ataupun beraktivitas.

Ciri demam berdarah maka pasien dapat sering mengeluh tubuhnya lemas. Tentu hal ini disebabkan akibat hilangnya nafsu makan, mual dan muntah, hingga demam tinggi.

Apabila sudah mengalami dan memperhatikan tanda-tanda demikian maka kamu dapat segera ke dokter agar pasien tak mengalami komplikasi penyakit yang mampu berujung pada mati.

Infeksi virus Dengue tidak mengenal usia karena mulai bayi hingga lansia. Namun pada keparahan penyakit dipengaruhi berdasarkan faktor usia yang menyebutkan kematian akan lebih banyak terjadi maupun dilaporkan terjadi pada anak kebanyakan. Dari riset tersebut, angka kematian akibat ciri demam berdarah di Indonesia menurun dari 40% pada 1968 bahkan menjadi kurang dari 1% pada 2013.

Terdapat hal penting dan mendesak dalam memahami mengenai ciri demam berdarah. Untuk hal pertama, penyakit ini umumnya ditularkan dari nyamuk yang satu manusia ke manusia lain. Untuk hal yang kedua, terdapat proses perjalanan penyakit dengan tak ketinggalam hal yang dipengaruhi oleh fase dan risiko yang berbeda pada perjalanannya.

Nyamuk dengan terduga sebagai vektor ialah Aedes aegypti betina, dengan pembawaan virus yang mampu terbang sejauh maksimal 400 meter. Dalam jangka waktu untuk sekali bertelur, nyamuk betina mampu menghasilkan sekitar 100 telur serta kemampuan untuk bertahan hidup beberapa bulan terhadap kondisi cuaca apa pun. Dalam upaya yang digunakan dalam rangka memberantas telur nyamuk ini maka hal mustahil dilakukan karena nyamuk biasanya dalam peletakkan telurnya secara tersembunyi di tempat-tempat yang teduh dan lembab.

Nah itulah beberapa hal terkait fenomena ciri demam berdarah di musim penghujan.

 

Leave a Reply