Ini Dia 6 Alat Medis Canggih Kelas Dunia Yang Wajib Kamu Ketahui

Globalisasi yang semakin maju berdampak pada kemunculan teknologi yang semakin canggih dari waktu ke waktu. Kecanggihan tersebut terjadi pada semua jenis bidang teknologi termasuk bidang kesehatan yang kemudian memunculkan alat medis berstandar internasional sebagai kecanggihan yang dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat dunia.

Dampak ini kemudian menjadikan adanya peningkatkan kualitas pada layanan kesehatan yang diakui memudahkan para tenaga medis dalam melaksanakan pekerjaan dengan cepat namun akurat.

Kecanggihan alat medis dunia tersebut sangatlah beragam, seperti 6 alat medis kelas dunia di bawah ini yang wajib Anda ketahui:

1. Implant Defibrillator

Implant defibrillator adalah alat yang dapat mengatasi detak jantung abnormal. Detak jantung manusia sendiri terkadang tidak beraturan, bisa 400 denyut per menit atau bisa kurang dan lebih. Dengan alat defibrilator, tim medis terbantu untuk mendeteksi apakah detak jantung pasien normal atau tidak.

Alat ini biasanya diletakkan di bagian dada dan perut yang kemudian menimbulkan kejutan atau tegangan saat jantung berdetak.

2. Artificial Intelligence

Artificial intelligence atau AL adalah terobosan baru di dunia medis yang bekerja dengan cepat dan tepat dalam menganalisa penyakit pasien. Lebih dari itu, alat ini tidak hanya dapat mendeteksi penyakit yang sedang diderita pasien, tetapi juga bisa meresepkan obat dengan tingkat keakuratan 100%. Keren bukan?

3. Virtual Reality

Teknologi alat medis canggih lainnya yang juga dapat membantu dokter dalam bekerja cepat dan tepat adalah virtual reality. Alat ini berfungsi menentukan lokasi pembedahan saat akan dilakukan operasi tertentu pada pasien.

Wacananya, alat bertaraf internasional ini dibandrol dengan harga hampir 4 miliar pada tahun 2020 ini.

4. Healthy Tracker Sensors

Bagi Anda yang ingin memastikan kondisi selalu stabil setiap harinya tanpa harus cek ke dokter, kini hadir healthy tracker sensor yang tidak hanya dapat mengecek kondisi tubuh tetapi juga dapat mengatur suhu tubuh, tekanan darah, hingga mengatur pola hidup sehat sendiri. Keren bukan?

5. In Sillico Trials

Setelah kesulitan mencari cara cepat mendeteksi obat-obat baru bagi pasien, tahun 2016 dunia medis dibantu dengan kehadiran alat bernama in sillico trials. Alat ini dapat menguji kelayakan obat-obat baru hingga memberikan informasi mengenai takaran dosis yang tepat untuk pembuatan obat, dengan penilaian yang cepat dan akurat.

6. Alat Laser Wajah

Kemajuan teknologi tidak hanya berpengaruh pada canggihnya alat medis yang digunakan di rumah sakit, tetapi juga kecanggihan dunia kesehatan lainnya termasuk pada alat kecantikan dan aesthetic.

Alat tersebut adalah laser wajah yang beberapa tahun ini menjadikan solusi cepat atasi masalah-masalah di kulit wajah dengan cara mudah dan lebih cepat dari krim. Contohnya seperti kemunculan laser CO2 untuk mengatasi jerawat, laser fraxel dual dan IPL (intense Pule Light) yang hadir sebagai solusi atasi bekas jerawat, serta jenis laser lainnya yang bisa pula mengatasi penuaan dini, hilangkan tahi lalat dan lain-lain.

Banyak klinik laser wajah di kota-kota besar seperti Jakarta dan Surabaya yang telah menggunakan teknologi ini untuk treatment wajah berjerawat, pencerahan kulit, dan perawatan estetika kulit lainnya.

Selain keenam alat medis canggih kelas dunia di atas, alat medis lainnya yang juga penting untuk Anda ketahui adalah seperti teknologi nano, robotic, genome, serta jenis alat medis lainnya yang semakin mempermudah layanan kesehatan bagi masyarakat.

 

Leave a Reply