Backpacker-an ke Sukabumi, Ini Destinasi yang Bisa Dikunjungi!

Kota Sukabumi merupakan salah satu kota yang sejuk karena daerahnya secara geografis terletak di lereng pegunungan. Karena suasana tersebut, berlibur ke Sukabumi dapat menjadi salah satu alternatif kegiatan pada akhir pekan atau hari libur.

Apa saja objek wisata yang bisa dikunjungi di kota ini? Ada sejumlah tempat menarik yang tidak boleh dilewatkan. Khusus bagi para backpacker, objek wisata yang murah dan terjangkau merupakan pilihan terbaik. Berikut beberapa di antaranya:

  • Gunung Sunda

Para backpacker harus memasukkan Gunung Sunda dalam daftar tempat wisata yang patut dikunjungi di Sukabumi. Ini merupakan sebuah area yang terletak di ketinggian, tepatnya di Kampung Jambelaer, Desa Padaasih, Kecamatan Cisaat. Dari titik ini, pengunjung dapat menikmati keindahan panorama alam daerah Sukabumi.

(sumber : riyardiarisman.com)

Bukan seperti Gunung Gede, Gunung Sunda tidak terlalu tinggi, yaitu sekitar 600 meter dari permukaan laut. Oleh karena itu, mencapai puncak gunung ini tidak sulit dan tidak membutuhkan peralatan mendaki. Anda hanya perlu berjalan menelusuri jalur yang telah tersedia.

Pengunjung yang datang ke Gunung Sunda biasanya menunggu momen sunrise dan sunset serta menikmati pemandangan citylight pada malam hari. Menariknya, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk berkunjung ke tempat ini.

  • Karang Numpang

Salah satu objek wisata hits di Sukabumi yang wajib dikunjungi oleh para backpacker adalah Karang Numpang. Destinasi ini terletak di Kampung Legoknyenang, Desa Cikujang, Kecamatan Gunungguruh. Dari Karang Gunung, para pengunjung dapat menikmati pemandangan gunung karang, padang ilalang, serta panorama kota dari ketinggian.

Sesuai namanya, Karang Numpang memang merupakan daerah yang dipadati oleh bebatuan karang. Dilengkapi oleh padang sabana yang terhampar cantik, pemandangan di sekitar destinasi ini semakin memukau. Karang Numpang baru saja populer setelah viral di media sosial dan menjadi salah satu tujuan wisata hits di Sukabumi.

  • Karang Para

Selain Karang Numpang, ada pula objek wisata yang disebut Karang Para. Ini adalah sebuah tempat wisata favorit yang berlokasi di Kampung Padaarang. Objek wisata Karang Para diminati pengunjung karena pemandangannya yang masih alami dan suasananya yang masih bernuansa pedesaan. Ada bebatuan karang yang menyerupai hiu, atap (para), gua, dan masjid di sekitar tempat ini.

(sumber : merahputih.com)

Objek wisata yang berada di area seluas 12 hektare tersebut hanya berjarak sekitar 10 km dari pusat kota Sukabumi. Kegiatan utama yang bisa dilakukan adalah berburu foto, apalagi pada spot-spot instagramable yang tersedia, misalnya di jembatan yang menyerupai bentuk hati.

  • Situ Gunung

Situ Gunung merupakan objek wisata lainnya yang bisa dikunjungi oleh para backpacker di Sukabumi. Destinasi ini sangat cocok bagi backpacker karena biaya masuknya samasekali tidak mahal. Untuk satu orang dewasa hanya dikenakan tarif Rp11.000 (hari kerja) dan Rp13.500 (hari libur).

Keindahan alam yang tersaji di Situ Gunung menjadi salah satu alasan bagi para wisatawan memilih tempat ini. Bahkan, tidak jauh dari lokasi wisata, ada pula Curug Sawer, destinasi wisata kekinian dan hits di kalangan anak muda.

Nah, untuk berlibur dengan nyaman di Sukabumi dan menikmati berbagai tempat wisata, sebaiknya pesan terlebih dahulu akomodasi yang bisa ditempati. Ada banyak hotel murah di Sukabumi yang bisa dipilih. Caranya adalah dengan menggunakan aplikasi Airy. Dengan kemudahan ini, menentukan pilihan pada hotel murah pun semakin tenang dan tidak khawatir. Jadi, selamat berlibur!

 

Leave a Reply